Doa Ziarah Kubur dan Hukumnya dalam Islam, Lengkap dengan Artinya

  • Share


Ziarah telah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Indonesia khususnya umat muslim. Ziarah kubur biasanya dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri, meskipun tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan di waktu lain. Dalam Islam, ibadah ini hukumnya tidak wajib, namun ziarah melatih umat muslim agar selalu ingat dengan kematian. Dengan demikian, harapannya akan menumbuhkan keimanan kepada Allah SWT. Berikut doa ziarah kubur yang bisa Anda baca. 

banner 336x280

Hukum Ziarah Kubur dalam Islam

Sebelum mempelajari dan memahami doa siarah kubur, ada baiknya kita memahami dulu seperti apa hukum ziarah kubur. Ziarah ke makam hukumnya adalah sunah di agama Islam, artinya apabila tidak dijalankan maka tidak akan menimbulkan dosa. Meski demikian, umat muslim dianjurkan untuk berziarah ke makam untuk mengingatkan kekuasaan Allah yang Maha Menciptakan dan juga yang menentukan kapan ajal akan menjemput. 

Rasulullah SAW pernah bersabda lewat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majas. Dahulu kala, berziarah memang pernah dilarang, namun Nabi Muhammad SAW justru kemudian menganjurkan aktivitas ini untuk mengingatkan tentang akhirat. 

“(Dulu) Aku melarang kalian ziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah kalian ke kuburan, sesungguhnya ziarah kubur membuat kalian zuhud di dunia dan mengingatkan kalian pada akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

Namun, ziarah juga harus dilakukan dalam rangka mendoakan mereka yang telah lebih dulu berpulang. Jangan sampai ziarah menjadi ajang untuk memohon doa kepada orang yang sudah meninggal karena hal itu justru merupakan perbuatan syirik.

Imam Nawawi, seorang ulama dan cendekiawan muslim mengatakan, doa-doa yang ditujukan bagi mereka yang sudah meninggal dunia pasti akan sampai kepada yang bersangkutan. Doa tersebut bahkan sangat diharapkan oleh mereka yang telah tiada. 

“Diriwayatkan dari Nabi Muhammad bahwa sesungguhnya beliau bersabda, ‘Tidak ada perumpamaan mayit di kuburnya kecuali seperti orang tenggelam yang ingin ditolong. Mayit menunggu doa yang ditujukan padanya baik dari anaknya, saudaranya ataupun temannya. Ketika doa itu telah tertuju padanya, maka doa itu lebih ia cintai daripada dunia dan seisinya’.” (Syekh Nawawi Al-Bantani, Nihayat al-Zain, hal. 281) 

Baca juga: Doa Tobat Menurut Agama Islam, Baca 3 Doa Ini Agar Dosa Terampuni

Hal yang Perlu Diperhatikan selama Berziarah 

doa ziarah kubur

Sumber: Liputan6.com/Arya Manggala

Ziarah kubur juga ada tata caranya yang sesuai dengan ajaran Islam. Supaya doa ziarah kubur kita sampai kepada yang membutuhkan, maka ada baiknya jika umat muslim mematuhi tata cara ziarah kubur yang sesuai dengan sunah, yakni sebagai berikut:

  1. Berwudhu sebelum ziarah ke makam.
  2. Mengucapkan salam kepada ahli kubur ketika memasuki area pemakaman, sebagai berikut: “Assalamualaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. Yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. Wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun. Wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.” Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insyaAllah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”
  3. Jangan duduk atau menginjak bagian atas makam seperti diriwayatkan dalam hadits berikut: “Janganlah kalian salat (berdoa) kepada kuburan dan janganlah kalian duduk di atasnya.” (HR. Muslim).
  4. Jangan melakukan hal-hal yang berlebihan seperti memohon doa, meminta sesuatu, mencium batu nisan, atau meratapi makam. 

Baca juga: 10 Doa Mustajab agar Keinginan Dapat Dikabulkan Allah SWT

Rangkaian Doa Ziarah Kubur sesuai Ajaran Islam

doa ziarah kubur

Sumber: Shutterstock

Selain memerhatikan hal-hal di atas, urusan lain yang tidak kalah penting adalah berdoa. Terdapat serangkaian doa yang perlu dilafalkan selama berziarah ke makam. Adapun beberapa urutan pembacaan surat Al Quran dan doa ziarah kubur adalah sebagai berikut:

  1. Membaca salam: “Assalamualaikum dara qaumin mu’minin wa atakum matu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-allahu bikum lahiqun.” Artinya: “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaAllah akan menyusul kalian.” 
  2. Membaca surah Al-Fatihah 3 kali.

  3. Membaca surah Al-Ikhlas 3 kali.

  4. Membaca surah Al-Falaq, An-Nas, dan Al-Fatihah.

  5. Membaca awalan surah Al-Baqarah.

  6. Membaca ayat kursi.

  7. Membaca surah yasin.

  8. Membaca zikir, istighfar, dan salawat tahlil.

  9. Membaca doa ziarah kubur yang berbunyi: “Allahummaghfirlahu war hamhu wa’aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’madholahu, waghsilhu bil maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi. Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.”

    Artinya: “Ya Allah, berilah ampun dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah pelindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (HR.Muslim)

Nah, Parents, itulah doa ziarah kubur yang bisa Anda panjatkan. Semoga dengan berziarah ke makam orang yang kita sayangi bisa mengingatkan kita dengan akhirat dan semakin menambah iman kita kepada Allah SWT.

 

Baca juga:

Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya, Yuk Hafalkan dan Ajarkan pada Anak!

Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadan, Ini Hukum dan Adabnya Menurut Islam

Membawa Bayi Berziarah Kubur, Inilah Hukum dan Pandangan dalam Islam

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.