Tata Cara dan Bacaan Sujud Syukur yang Benar, Wujud Terima Kasih

  • Share


Sujud menjadi salah satu step yang wajib dilakukan ketika umat Muslim melaksanakan sholat. Tak hanya sujud biasa, dalam Islam ternyata terdapat berbagai macam jenis sujud, salah satunya sujud syukur. Agar lebih khidmat, penting bagi Parents mengetahui bacaan sujud syukur yang benar.

banner 336x280

Pengertian

Selain sujud biasa, ada sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud syukur. Seperti namanya, sujud syukur merupakan sujud yang dilakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada Allah karena mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan.

Sumber: Doa Harian Islami

Sujud ini bisa juga dilakukan ketika seseorang terbebas dari masalah berat dan marabahaya. Hukum melakukan sujud syukur ketika mendapat kenikmatan atau terhindar dari bahaya adalah sunnah, artinya jika dilakukan akan berpahala dan jika tidak dilakukan pun tidak apa-apa. 

Islam sendiri selalu menekankan kepada umat Muslim agar senantiasa bersyukur. Perintah untuk bersyukur kerap disebutkan Allah SWT dalam Al-Quran surah Ibrahim ayat 7:

Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” [QS. 14:7]

Dalam hadis Nabi Saw. juga dijelaskan:

Dari Abu Bakrah: Bahwa Nabi SAW apabila mendapatkan sesuatu yang menggembirakan, atau kabar gembira, beliau terus sujud berterima kasih kepada Allah(HR. Abu Daud dan at-Tirmidzi).

Adapun sujud syukur dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja seorang umat muslim merasa ingin untuk mengekspresikan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada Allah SWT. Beberapa kondisi yang membuat seseorang bersujud syukur, antara lain:

  • Mendapat nikmat dan karunia dari Allah SWT tanpa disangka-sangka sebelumnya
  • Mendapat rezeki materi, ilmu, kesehatan, dan sebagainya
  • Mendapat berita yang menyenangkan
  • Terhindar dari bahaya atau musibah yang akan menimpa atau diberikan keselamatan
  • Meraih keberhasilan
  • Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat, sedangkan banyak orang yang melakukan perbuatan tersebut. 

Artikel terkait: Bacaan Doa Khatam Qur’an Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Tata Cara dan Bacaan Sujud Syukur

Kendati hukumnya sunnah, bukan berarti sujud ini bisa dilakukan sekenanya. Ada beberapa tata cara yang dianjurkan oleh Rasulullah agar kedekatan kepada Allah maksimal. Bentuk sujud digambarkan memiliki nilai tersendiri karena dengan begini menunjukkan kerendahan kita sebagai hamba di hadapan Allah SWT.

Berikut tata cara yang harus diperhatikan:

1. Membaca Niat

Tata Cara dan Bacaan Sujud Syukur

Pertama adalah membaca niat dalam hati dengan posisi berdiri sempurna menghadap kiblat. Bacaan niat sujud syukur adalah:

“Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat melakukan sujud syukur sunah karena Allah Ta’ala.”

2. Melakukan Takbiratul Ihram

Berikutnya adalah melakukan posisi Takbiratul ihram yang merupakan rukun qauli (rukun yang berupa ucapan) yang dengannya seseorang telah masuk dalam rangkaian ibadah sholat. Dalam gerakan ini, ucapkan Allaahu akbar yang artinya Allah Maha Besar.

Artikel terkait: Bacaan Doa Siti Maryam saat Melahirkan dan Keutamaan Surat Maryam

4. Sujud Syukur

Setelah itu, Anda bisa melakukan sujud syukur satu kali. Bacaan doanya adalah berikut ini:

سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم 

“Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.”

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.”

5. Duduk di Antara Dua Sujud

Tata Cara dan Bacaan Sujud Syukur

Sumber: Islam Pos

Sujud selesai dilakukan, dilanjutkan dengan duduk di antara dua sujud atau duduk iftirasy, yakni membentangkan punggung kaki kiri di lantai dan mendudukinya, lalu kaki kanan ditegakkan dan jari-jari menghadap kiblat.

6. Mengucapkan Salam

Ucapkan salam seperti diakhir sholat untuk mengakhiri sujud syukur ini. Salam dilakukan dengan menoleh ke kanan hingga pipi terlihat dari belakang. Kemudian, menoleh ke kiri hingga pipi terlihat dari belakang, sambil mengucapkan “Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh”.

Artikel terkait: 2 Doa Nabi Yusuf Beserta Bacaan Arab, Arti dan Keutamaannya, Bisa Membuat Rumah Tangga Harmonis

Selain tata cara tersebut, beberapa bacaan ini juga bisa disisipkan yaitu:

Jika Parents mau melakukan sujud syukur, berikut beberapa hal yang harus diketahui tentang bacaan sujud syukur:

Tasbih, Tahmid, dan Tahlil

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

“Subhaanallaahi wal hamdu lillaahi, wa laa ilaaha illallaah, wallahu akbar.”

Artinya: “Maha Suci Allah. Segala puji kepunyaan Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

Tata Cara dan Bacaan Sujud Syukur

Sumber: iNews

Membaca Zikir Syukur

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

“Sajada wajhiya lilladzii kholaqohu washowwarohu wasyaqo sam’ahu wa bashorohu bihaulili wa quwwatihi fatabaa ro kallaahu ahsanul khooliqiin.”

Artinya: Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

Surat An-Naml Ayat 19

رَبِّ اَوۡزِعۡنِیۡۤ اَنۡ اَشۡکُرَ نِعۡمَتَکَ الَّتِیۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَ عَلٰی وَالِدَیَّ وَ اَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰىہُ وَ اَدۡخِلۡنِیۡ بِرَحۡمَتِکَ فِیۡ عِبَادِکَ الصّٰلِحِیۡنَ

“Robbi au zi’nii an asykur ni’matakallatii an ‘amta ‘alayya wa ‘alaa waa lidayya wa an a’mal shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika gii ‘ibaadikasshoolihiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (QS. An-Naml ayat 19).

Hikmah Sujud Syukur

Seperti telah diinformasikan sebelumnya, sujud syukur adalah perwujudan ungkapan rasa syukur dan terima kasih setiap hamba atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Melakukan sujud syukur menandakan seseorang adalah hamba yang selalu ingat kepada Allah SWT. Adapun hikmah yang didapat bagi mereka yang melakukan sujud syukur, yaitu:

  1. Mengingat Allah SWT
  2. Ungkapan rasa syukur
  3. Bentuk kepasrahan sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT
  4. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT
  5. Merasa rendah diri di hadapan sang pencipta
  6. Mengikis rasa sombong
  7. Menjauhkan diri dari sikap takabur
  8. Melancarkan sirkulasi darah ke otak
  9. Menajamkan akal dan pikiran sehingga meningkatkan konsentrasi
  10. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT

Parents, sudahkah bersyukur hari ini?

Baca juga:

Sujud Sahwi: Bacaan Doa, Tata Cara, Hukum dan Penyebab Harus Sujud Karena Lupa

6 Keutamaan Sholat Tahajud, Ini Tata Cara dan Bacaan Doanya

5 Bacaan Shalawat Nabi yang Bisa Dilafalkan, Amat Menenangkan Hati

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.