10 Manfaat Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kulit

  • Share


Dewasa ini kandungan niacinamide banyak ditemukan di dalam kandungan produk perawatan tubuh dan kecantikan wajah. Maklum saja, manfaat niacinamide digadang-gadang bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

banner 336x280

Apakah hal ini benar? Sebelum menggunakannya, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu hal yang terkait dengan niacinamide, baik manfaat niacinamide serta  efek sampingnya jika digunakan sebagai perawatan kulit. Sebelum kita membahas 10 manfaat niacinamide dan efek sampingnya bagi kulit, kita pahami terlebih dahulu apa itu niacinamide.

Apa Itu Niacinamide?

Sebelum mencari tahu manfaatnya, Bunda harus tahu dulu apa itu sebenarnya niacinamide. Niacinamide adalah sebuah nutrisi dalam bentuk vitamin B-3 yang membantu mengatasi masalah kulit –termasuk jerawat dan eksim, ginjal, otak, serta mencegah defisiensi B-3. Nutrisi ini juga dikenal dengan nama nicotinamide.

Lantas apa bedanya dengan niacin?

Meskipun sekilas memiliki kesamaan nama. Ini merupakan dua jenis vitamin B3 yang berbeda. Yang perlu Anda ketahui juga, ketika terlalu banyak niacin di dalam tubuh, niacin akan berubah menjadi niacinamide.

Artikel terkait: Ingin kulit wajah putih berseri? Ini 5 bahan alami yang bisa Bunda coba

10 Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan Kulit

Ini 10 Manfaat Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Kulit

Secara keseluruhan, niacinamide dapat membantu membangun protein di kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Lebih lengkapnya, ini dia 10 manfaat niacinamide:

  1. Niacinamide membantu membangun keratin, sejenis protein yang membuat kulit kencang dan sehat.
  2. Penghalang lipid (ceramide) sehingga kulit tetap lembap.
  3. Meminimalkan kemerahan atau bercak dan mengurangi peradangan akibat eksim, jerawat, dan kondisi inflamasi lainnya.
  4. Meminimalkan tampilan pori dalam jangka panjang.
  5. Mengatur produksi minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous dan mencegah kelenjar bekerja berlebihan.
  6. Melindungi kerusakan akibat sinar matahari. Niacinamide membangun kembali sel-sel kulit yang sehat dan melindungi kerusakan akibat sinar ultraviolet.
  7. Mengobati hiperpigmentasi. Beberapa penelitian menemukan, konsentrasi niacinamide 5 persen dapat membantu meringankan bintik hitam. Manfaat terlihat setelah 4 minggu.
  8. Meminimalkan garis halus dan kerutan akibat sinar ultraviolet dan usia.
  9. Melindungi dari stres oksidatif dengan membangun sel-sel di kulit sekaligus melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.
  10. Mengobati jerawat terutama bentuk inflamasi seperti papula dan pustula.

Bisa Didapat dari Makanan dan Suplemen

manfaat niacinamide

Mengonsumsi makanan seimbang merupakan cara terbaik mendapatkan mikronutrien seperti vitamin B-3. Jika Anda memilih suplemen ada baiknya minta resep dari dokter.

Vitamin B-3 pada makanan dapat ditemukan di telur, sereal, sayuran hijau, kacang polong, ikan, juga susu.

Jika target Anda adalah untuk mengatasi masalah kulit yang serius, Anda bisa menggunakan niacinamide secara topikal –mengaplikasikan secara langsung dalam bentuk serum, krim, salep, atau gel.

Artikel terkait: Melakukan perawatan kulit dengan lidah buaya, amankah bagi ibu hamil?

Hal yang Diperhatikan Saat Menggunakan Niacinamide Bentuk Produk

Ini 10 Manfaat Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Kulit

Saat ini produk perawatan dan kecantikan yang mengandung niacinamide sudah banyak di pasaran. Ada yang dalam bentuk sabun, krim, lotion, masker, atau serum. Semua produk perawatan kulit ini diproduksi lengkap untuk berbagai tujuan, seperti pembersih, pelembab, pengencang kulit, atau mencerahkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan produk mengandung niacinamide:

  • Produk niacinamide bisa digunakan kapan saja sesuai dengan kebutuhan kulit.
  • Pelajari dan pahami pertama kali adalah URUTAN pengaplikasian produknya. Misalnya, mengaplikasikan serum pengencang kulit wajah sebelum mengoleskan krim pelembab.
  • Perhatikan konsentrasi niacinamide yang aman. Konsentrasi niacinamide dapat bervariasi antar produk, meskipun kebanyakan formulasi adalah 5% atau kurang. Beberapa laporan menunjukkan, formula 5% lebih efektif dalam mengobati hiperpigmentasi dan kerusakan yang terkait dengan paparan sinar matahari.
  • Untuk kulit sensitif, gunakan konsentrasi niacinamide yang lebih rendah, yakni 2%. Konsentrasi ini juga ampuh meringankan gejala eksim dan kondisi serupa.
  • Pastikan membaca label produk dengan cermat dan ikuti semua petunjuk penggunaan. Ingat, terkadang beda merek beda cara penggunaan.
  • Pada kemasan produk, niacinamide mungkin terdaftar sebagai ‘niacin’ atau ‘nicotinamide’.

Bisakah Niacinamide Diaplikasikan dengan Produk Lain?

manfaat niacinamide

Niacinamide dapat digunakan bersama bahan aktif lainnya untuk hasil yang optimal. Beberapa laporan menunjukkan, niacinamide bekerja lebih baik bersama tembaga, asam folat, dan seng untuk mengobati jerawat.

Anda juga akan mendapatkan manfaat yang lebih jika bentuk vitamin B-3 ini digunakan bersama asam hialuronat.

Artikel terkait: Begini cara merawat wajah sesuai jenis kulit, Bunda sudah tahu?

Efek Samping Niacinamide

manfaat niacinamide

Pada umumnya niacinamide topikal aman digunakan pada kulit. Namun pada orang-orang yang berkulit sensitif atau memiliki alergi pengecualian. Mereka kemungkinan besar akan mengalami reaksi alergi karena niacinamide dapat menyebabkan tubuh melepaskan histamin –sistem imun yang dapat memicu reaksi alergi.

Untuk menghindari reaksi alergi ada baiknya Bunda melakukan uji tempel. Caranya demikian:

  • Oleskan produk seukuran koin di lengan bawah.
  • Tunggu hingga 24 jam.
  • Jika kulit lengan mengalami kemerahan, gatal, atau bengkak, cuci area tersebut dan hentikan penggunaan.
  • Jika tidak mengalami efek samping apa pun, artinya produk aman digunakan tidak terkecuali pada kulit wajah.

Layaknya produk perawatan kulit yang lain, Bunda mungkin baru akan melihat hasil nyata dari manfaat produk setelah 4 minggu pemakaian atau lebih.

Namun jika Bunda tak kunjung mendapatkan perubahan apa pun, terlebih lagi jika mengalami reaksi yang justru terasnagan sangat mengganggu, baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan mengganti produk.

Baca juga:

id.theasianparent.com/serum-wajah-pria-terbaik

id.theasianparent.com/serum-untuk-bekas-jerawat

id.theasianparent.com/vitamin-c-untuk-kulit

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *