Daftar Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan di Indonesia [UPDATE]

  • Share


Dalam dunia kerja, pramugari menjadi profesi yang diidamkan para perempuan. Penampilan anggun, kesempatan bepergian ke banyak daerah di Indonesia bahkan mancanegara menanti. Bahkan, gaji pramugari menjadi aspek yang tidak bisa diremehkan.

banner 336x280

Dengan risiko pekerjaan yang juga tinggi, tak heran jika pekerjaan satu ini juga dibayar dengan harga yang bikin mata terbelalak. Belum lagi benefit lain yang didapatkan. Simak deretan penghasilan alias gaji pramugari maskapai penerbangan Indonesia berikut ini.

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Hal ini turut ditunjang dengan kru pilot, pramugara, dan pastinya pramugari berkemampuan mumpuni.

Pramugari Garuda Indonesia dikenal dengan kecantikan, keramahan, kepintaran, dan pelayanannya yang maksimal. Garuda Indonesia berhasil mendapatkan Passenger Choice Award 2014 untuk kategori wilayah Asia dan Australia untuk kali kedua.

Penghargaan ini didasarkan pada hasil pengujian terhadap produk, layanan, dan inovasi dari seluruh perusahaan penerbangangan serta tingkat kepuasan pelanggan dari seluruh dunia. Tak heran jika nominal gaji pramugari Garuda Indonesia digadang sebagai yang tertinggi di antara maskapai penerbangan lainnya.

Sebagai informasi, gaji pramugari di maskapai ini terdiri dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, uang saku, uang lembur, uang tunjangan hari raya, serta tunjangan lainnya. Saat pramugari dinyatakan lulus tes, mereka akan mendapatkan training.

Pramugari bahkan sudah berhak menerima beberapa komponen gaji yang disebutkan diatas yang jika ditotal mencapai puluhan juta rupiah. Menariknya, pramugari yang telah melewati masa kerja satu tahun akan mendapatkan benefit menggiurkan.

Antara lain tiket gratis pulang pergi termasuk jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama di tempat tujuan, serta hotel. Semakin tinggi jam terbang yang ditempuh, akan semakin besar pula penghasilan yang diterima. Seorang pramugari senior dikabarkan bisa mengantongi Rp 30 juta per bulan belum termasuk bonus dan tunjangan!

Artikel terkait: 7 Kebiasaan Baik agar Gaji Bulanan Tidak Cepat Habis, Patut Dicoba!

2. Gaji Pramugari Lion Air

Dikenal sebagai maskapai berharga terjangkau, Lion Air banyak menjadi andalan karena menyediakan rute yang tidak dimiliki maskapai lainnya. Di samping itu, gaji pramugari maskapai ini terbilang menarik.

Dalam satu bulan, pramugari Lion Air akan mendapatkan gaji pokok serta bonus. Gaji pokok pramugari Lion Air tingkat junior berada di kisaran angka Rp 2 – 3 juta. Sedangkan untuk pramugari yang sudah senior sebesar Rp 5 – 6 juta.

Hal itu belum termasuk bonus yang mencakup asuransi, uang terbang, serta jaminan kesehatan. Jika ditotal, secara keseluruhan jumlahnya berkisar Rp 15 – 20 juta bergantung jam terbang. Menarik ya!

3. Gaji Pramugari Citilink

Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia

Merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia, Citilink memberikan gaji yang tidak bisa dipandang enteng untuk para pramugarinya. Gaji untuk pramugari junior yaitu Rp 4 juta per bulan dan Rp 6 juta per bulan untuk pramugari senior. Ini belum termasuk tunjangan lain seperti uang terbang, uang kerajinan, serta uang remain over night (RON).

Jika dihitung-hitung total gaji bisa mencapai Rp 20 juta per bulan.

4. Gaji Pramugari Batik Air

Adapun Batik Air juga memiliki penghasilan fantastis untuk pramugari yang bergabung. Layaknya maskapai lain, gaji yang diterima bervariasi tergantung jam terbangnya. Semakin sering terbang, penghasilan yang diterima pastinya kian menjanjikan.

Dalam sehari pramugari Batik Air bisa menjalani sekitar 6 jam perjalanan. Sementara, pramugari Batik Air umumnya bisa memiliki 25 hari terbang dalam sebulan. Sehingga dengan gaji pokok Rp 3 juta ditambah uang terbang dan uang makan, maka total gaji bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta per bulan.

Artikel terkait: Viral Tweet Andrea Gunawan Soal Gaji Pasangan 250 Juta, Ini Alasan Dibaliknya

5. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Sriwijaya Air dikenal sebagai maskapai yang kru pramugarinya mumpuni dalam melayani penumpang. Tak heran jika perusahaan memberikan gaji tidak bercanda untuk para pramugarinya.

Meski tak disebutkan rincian komponen gaji yang diterima, diketahui kisaran gaji pramugari jika ditotal mencapai Rp 19,5 juta.

6. Air Asia

Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia

Terakhir adalah Air Asia, siapa yang tidak mengenalnya? Air Asia telah lama dikenal sebagai maskapai penerbangan yang harga tiket pesawatnya terjangkau jika dibandingkan maskapai penerbangan lain di tanah air.

Maskapai asal Malaysia yang menawarkan penerbangan lokal dan internasional ini tidak pelit perihal gaji untuk karyawan. Sebagai contoh, pramugari junior mengantongi gaji Rp 3 juta per bulan, ditambah uang terbang sebesar Rp 50 ribu per jam, serta tunjangan dan uang tambahan lainnya.

Jika ditotal gaji pramugari Air Asia junior sebesar Rp 8 – 15 juta per bulan. Berbeda dengan pramugari yang sudah senior, ia bisa mengantongi gaji dua kali lipat karena jam terbangnya tentu berbeda.

Syarat Menjadi Pramugari

Gaji pramugari yang tinggi berbanding dengan risiko tinggi harusnya layak ya, Parents. Untuk menjadi seorang pramugari, setiap maskapai penerbangan memiliki persyaratan berbeda. Mengutip Lifepal, berikut syarat umum jika ingin menjadi pramugari:

  • Sehat dan memiliki tubuh ideal. Suka gak suka, maskapai menerapkan tinggi badan tertentu bagi orang yang berminat menjadi pramugari dan pramugara. Sebagai catatan, kebanyakan maskapai tidak memperbolehkan pramugari mengenakan kacamata.
  • Kemampuan bahasa asing. Sebagai pramugari, Anda akan banyak bertemu dengan pejalan lokal maupun internasional. Untuk itu, pramugari dituntut fasih bicara bahasa asing, utamanya bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa asing lain tentu akan menjadi nilai plus.
  • Mau belajar. Jika Anda berpikir pramugari hanya sebatas mengantarkan makanan, salah besar. Pramugari juga didorong memiliki skill tinggi. Antara lain menguasai prosedur keselamatan, memberi pertolongan pertama pada penumpang, dan melayani kebutuhan mereka. Dengan kata lain, pramugari harus mampu menjadi SAR, dokter, dan pelayan dalam satu waktu.
  • Jam kerja fleksibel. Pesawat terbang beroperasi setiap saat, artinya pramugari harus siap dengan jadwal terbang tidak menentu. Entah itu terbang di waktu subuh atau bahkan dini hari. Singkat kata, pramugari harus siap bangun pagi dan begadang dalam kesehariannya.
  • Jauh dari keluarga. Bukan seperti karyawan biasa, pramugari juga harus siap pula berjauhan dengan keluarga. Pantas saja, jadwal tidak pasti harus membuat pramugari pergi kapan saja dari rumah. 

Di samping syarat, seorang yang ingin menjadi pramugari diharuskan menjalani sejumlah seleksi panjang antara lain:

  • Tahap registrasi dan performance test. Pada tahap awal ini, pramugari akan diuji tinggi dan berat badan serta menyerahkan dokumen yang diminta. Calon pramugari harus berpenampilan menarik dan tidak dibolehkan memiliki bekas jerawat.
  • Tahap interview, psikotes, dan bahasa Inggris. Jika lolos selanjutnya calon pramugari akan menghadapi wawancara, psikotes, serta tes bahasa Inggris. Bukan hanya penampilan saja, calon pramugari juga harus memiliki otak yang cerdas.
  • Tahap ground training. Tahap berikutnya, Anda akan disuguhkan dengan materi plus ujian. Latihan ini akan dilakukan biasanya selama tiga bulan.
  • Flight training. Lulus ground training artinya calon pramugari dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk terbang. Berikutnya, calon pramugari akan mencoba pekerjaannya secara langsung. Walaupun sudah punya pengalaman terbang, tahapan ini menuntut calon pramugari untuk memiliki performance yang bagus dan siap jadi pramugari aktif.
  • Recurrent. Selamat! Anda akhirnya menjadi pramugari. Namun, tahapan belum selesai karena ada ujian lagi di tahapan ini. Jika tidak lulus, sang pramugari harus mengikuti pendidikan lagi dari awal.

Bagaimana Parents, adakah Anda yang bermimpi kelak buah hati jadi seorang pramugari?

 

Baca juga:

id.theasianparent.com/gaji-pns

id.theasianparent.com/investasi-gaji-kecil

id.theasianparent.com/penyebab-gaji-cepat-habis

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *