Membahagiakan Orang Tua dengan Lakukan 10 Hal Kecil tapi Penting Ini

  • Share


Parents mungkin kerap membayangkan kira-kira apa yang akan anak-anak kita berikan dan lakukan untuk membahagiakan orang tua mereka di kemudian hari. Hal yang sama pasti juga diharapkan oleh para orang tua kita, lho.

banner 336x280

Sebagaimana yang kita ketahui, orang tua adalah pendidik pertama di kehidupan kita, yang membentuk diri kita sebagaimana sekarang. Mereka adalah orang nomor satu yang peduli dengan kesejahteraan dan kebahagiaan kita, di setiap detik dalam hidup kita.

Afeksi atau kasih sayang orang tua ini akan lebih mudah kita pahami, ketika kita sendiri telah menjadi orangtua ya, Parents. Seperti kutipan Henry Ward Beecher, We never know the love of a parent till we become parents ourselves.

Apa yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan orang tua dan menunjukkan kepedulian kita? Sebagaimana disarikan dari laman List Ovative, inilah 10 cara efektif untuk memberi tahu orang tua Anda betapa berartinya mereka.

Artikel terkait: Ternyata ini rahasia rumah tangga bahagia, sudahkah Anda melakukannya?

10 Hal Sederhana yang Membuat Orang Tua Bahagia

1. Sering Libatkan Orang Tua

Libatkan mereka dalam kehidupan sehari-hari Anda, mintalah nasihat dan pendapat orang tua ketika Anda butuh solusi. Melibatkan mereka di banyak keseharian kita pun merupakan cara membahagiakan orang tua, lho.

Menghabiskan waktu bersama orang tua adalah cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda peduli. Misalnya dengan menonton film dan acara TV bersama atau juga berolahraga bersama mereka.

Waktu yang kita habiskan bersama ini memungkinkan Anda untuk terikat, dan benar-benar belajar untuk menghargai satu sama lain.

Jangan lupa untuk tanyakan kepada orang tua Anda tentang kebutuhan dan keinginan mereka sendiri. Mereka selalu memerhatikan apa yang Anda butuhkan, dan Anda juga sebaiknya demikian.

2. Perhatian dengan Hal-Hal yang Orang Tua Gemari

hadiah lebaran

Orang tua Anda adalah dua orang di dunia yang paling banyak memberikan perhatian dalam hidup Anda. Sehingga cara yang bagus untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli, adalah dengan memberikan perhatian juga kepada mereka.

Cari tahu apa film favorit mereka, dan tonton bersama mereka; membaca buku favorit mereka dan mendiskusikannya dengan mereka; jika ibumu suka politik, tanyakan padanya tentang kondisi perpolitikan saat ini; jika ayahmu menyukai seni, cobalah untuk memahami jenis seni yang dia sukai dan mengapa.

Dengan cara-cara kecil ini, Anda dapat menunjukkan kepada orang tua Anda bahwa Anda peduli terhadap mereka, dan juga mendapatkan rasa hormat dan cinta yang baru bagi mereka sebagai individu. Cara membahagiakan orang tua yang demikian ini adalah sebuah langkah besar dalam hubungan Anda!

Artikel terkait: 25 Ucapan Pernikahan Kreatif yang Bisa Anda Contoh, Dari Formal Sampai Lucu

3. Mengobrol tentang Kehidupan Mereka 

membahagiakan orang tua

Orang tua Anda telah melalui setiap tahap yang Anda sedang alami, telah lalui, dan akan dilalui. Kekayaan pengalaman mereka benar-benar membuat mereka ahli dalam berbagai hal.

Tanyakan kepada mereka tentang bagaimana mereka menjalani hidup mereka, apa yang mereka lakukan untuk mengatasi masalah, dan bahkan pengalaman kocak dan menarik dari masa lalu mereka.

Orang tua Anda akan dengan senang menceritakan kisah masa lalu mereka, dan akan merasa istimewa karena Anda benar-benar tertarik.

Orang tua Anda kemungkinan besar akan menjalani kehidupan yang penuh warna, dan mendengarnya tidak hanya akan menghibur tetapi juga sangat berguna; lagi pula, Anda memiliki gen yang sama! 

4. Membahagiakan Orang Tua dengan Memberikan Hadiah Inovatif

Hadiah untuk mertua

Orang tua tidak selalu mencari hadiah yang mewah dan mahal. Hadiah yang diberikan sepenuh hati tentu akan sangat membuat bahagia mereka. Anda tidak perlu menunggu kesempatan untuk membuat hari orang tua Anda.

Anda dan saudara-saudara Anda bisa ikut membelikan ayahmu kemeja yang dia inginkan selama ini, atau membelikan ibumu dompet baru.

Bahkan, Anda juga bisa membuat beberapa hadiah handmade seperti sapu tangan rajut atau juga  puisi atau surat tulisan tangan. Wow, sederhana tapi berkesan bukan?!

Artikel terkait: 28 Referensi Ucapan Pernikahan Islami yang Indah dan Penuh Makna

5. Ekspresikan Kasih Sayang Anda

membahagiakan orang tua

Orang tua pasti menyukai pelukan dan ciuman dari Anda. Meskipun Anda agak segan melakukan hal ini, namun orang tua selalu menginginkan pelukan yang berlebih, lho

Ingat, mereka mengenal Anda sebagai balita setinggi dua kaki, yang menempel pada mereka setiap saat. Tumbuh dewasa mungkin terasa canggung bagi Anda, tetapi itu bukan suatu masalah, karena pada akhirnya Anda tetap bayi kecil mereka. Beri mereka saat-saat bahagia sebanyak yang Anda bisa, karena tindakan kecil itu menghasilkan begitu banyak energi positif dan kenyamanan di dalam diri mereka!

6. Membahagiakan Orang Tua dengan…Family Outing!

membahagiakan orang tua

Sebagian besar liburan keluarga, atau tamasya biasanya dipelopori oleh orang tua Anda. Tetapi jika Anda benar-benar menyusun dan merencanakan liburan, itu akan sangat menyenangkan orang tua Anda.

Merencanakan liburan, atau perjalanan sehari itu juga membutuhkan kedewasaan, tanggung jawab, perencanaan yang matang dan yang terpenting, kepedulian. Jika Anda cukup menunjukkan sikap ‘mengambil alih’ ini dalam merencanakan liburan, orang tua Anda akan sangat bangga dan menghargai upaya Anda tersebut.

7. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Membahagiakan Orang Tua dengan Lakukan 10 Hal Kecil tapi Penting Ini

Cara membahagiakan orang tua yang paling dasar tentu saja adalah membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau bersih-bersih rumah!

Anda dapat ikut serta dalam hal menyiram tanaman, membantu menyedot debu, memberi makan dan berjalan-jalan dengan hewan peliharaan Anda, membersihkan lemari/ruang penyimpanan, mencuci pakaian, dll. Hal-hal ini akan sangat membantu orang tua Anda dan sekaligus upaya Anda menunjukkan betapa Anda juga peduli dengan mereka.

8. Memasak Makanan untuk Mereka

Membahagiakan Orang Tua dengan Lakukan 10 Hal Kecil tapi Penting Ini

Kejutkan mereka dengan sarapan di tempat tidur, makanan yang menenangkan, atau dengan menyiapkan makanan penutup yang cepat dan mudah. Anda bahkan dapat bekerja lebih keras dengan mempelajari cara menyiapkan hidangan favorit orang tua Anda! Hal ini adalah cara membahagiakan orang tua dan tentu menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli!

9. Tulis Kalimat Kasih Sayang di Kartu Ucapan untuk Membahagiakan Orang Tua

kado valentine untuk orangtua

Kartu adalah cara yang indah untuk mengekspresikan cinta Anda. Konon katanya, hadiah tulisan tangan sendiri adalah hadiah terbaik dari semuanya. Selain itu, menyisipkan pesan yang bijaksana untuk orang yang Anda cintai, adalah cara yang fantastis untuk membuat mereka bersemangat dan tersenyum.

10. Beritahu bahwa Anda Mencintai Mereka

membahagiakan orang tua

Sering-sering ucapkan I Love You ke kedua orangtua ya! Sesuatu yang tampaknya tidak penting, tetapi itu berarti segalanya bagi orang tua Anda.

Bentuk validasi ini adalah yang paling penting bagi orang tua Anda. Berterima kasih kepada mereka untuk semua yang mereka lakukan untuk Anda, dan bilang betapa Anda benar-benar mencintai mereka. Upaya ini menegaskan kembali fakta bahwa mereka telah melakukan pekerjaan mereka dengan benar. Mereka melakukan begitu banyak untuk mendapatkan cinta Anda, dan Anda harus mengambil setiap kesempatan untuk memberi tahu mereka apa artinya mereka bagi Anda. Tiga kata sederhana, adalah nafas kehidupan bagi ibu dan ayahmu!

Selamat mencoba!

 

Baca juga:

id.theasianparent.com/akbar-anak-angkat-syekh-ali-jaber

id.theasianparent.com/selamat-ulang-tahun-bahasa-korea

id.theasianparent.com/selamat-ulang-tahun-bahasa-korea

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *