Asal, Ciri-ciri, Kandungan, dan Manfaatnya

  • Share


Bagi Parents dan si kecil yang memelihara ikan cupang di rumah, pasti sudah familiar dengan daun ketapang. Marak dijual di toko ikan hias bahkan di toko online, daun ini seperti menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam merawat ikan hias.

banner 336x280

Apalagi ketika pandemi, tren memelihara ikan cupang juga jadi faktor daun ini ikut populer. Banyak pecinta cupang dan juga peternak mencari daun ini untuk perawatan ikan peliharaan mereka.

Ternyata daun dari pohon ketapang ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan keindahan ikan cupang peliharaan kita saja. Ada berbagai manfaat dari daun pohon ketapang yang bisa diperoleh para pecinta ikan hias.

Nah, berikut ini ulasan seputar daun ketapang yang bisa Parents kenalkan pada si Kecil. Yuk, disimak!

Artikel terkait: Aquascape, Seni Menata Akuarium Taman di Masa Pandemi

Daun Ketapang: Asal, Ciri-ciri, Kandungan, dan Manfaatnya

Daun ketapang berasal dari pohon ketapang.

Daun ini tentunya berasa dari pohon ketapang yang memiliki nama latin Terminalia Catappa.

Sebutan lain untuk pohon ketapang adalah pohon tarisi, pohon kris, pohon sarisalo (atau pohon ngusu. Di luar negeri pohon ini juga ditemukan dengan nama Singapore almond, Indian almond, Malabar Tropical almond, Talisay tree, atau Beach almond.

Habitat pohon ketapang adalah di dataran rendah. Biasanya pohon ketapang ditemukan di sekitar pantai, atau daerah rendah lain yang memiliki curah hujan rendah dan berhawa panas.

Ciri-ciri Daun Ketapang

Daun ketapang

Pohon ketapang merupakan pohon besar seperti peneduh yang kerap menggugurkan daunnya. Daun pada pohon ketapang tumbuh pada cabang pohon secara bertingkat-tingkat.

Ciri dari daun dari pohon ketapang sangat khas dan bisa diamati sekilas karena berbeda dengan daun pohon perindang lainnya, yaitu:

  1. Berdaun lebar sekitar 3cm-10 cm
  2. Bentuk oval dan memanjang, agak lancip di bagian ujung
  3. Sirip dan tulang daunnya terlihat jelas
  4. Warna daun hijau tua dan akan berubah menjadi merah atau kuning sebelum akhirnya gugur.

Artikel terkait: 7 Tanaman Hias Termahal di Dunia, dari Puluhan Juta Sampai Milyaran

Kandungan yang Dimiliki

Mengenal Daun Ketapang untuk Perawatan Ikan Cupang, Ini Kandungan dan Manfaatnya

Jika menilik dari kandungan daun ini, tidak heran sering kali digunakan untuk pengobatan dan perawatan ikan. Hal ini karena daun dari pohon ketapang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan daun ini juga dipercaya memiliki sifat antiradang.

Selain itu jika dicampurkan dengan air, kandungannya bisa menurunkan kadar asam atau pH air sehingga menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam air.

Ada pula kandungan flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. 

Manfaat Daun Ketapang untuk Perawatan Ikan Cupang

Mengenal Daun Ketapang untuk Perawatan Ikan Cupang, Ini Kandungan dan Manfaatnya

Bagi penggemar ikan cupang pasti sudah tahu beberapa manfaat daun ini dalam memelihara hewan kesayangan. Berikut adalah beberapa manfaat daun pohon ketapang dalam merawat ikan cupang:

1. Mengobati sisik ikan cupang

Sisik cupang yang luka akibat perkelahian atau terkena hiasan di akuarium biasanya diobati dengan rendaman daun ini. Dengan kandungan yang ada di dalamnya tidak heran air rendaman daun ini bisa mempercepat kesembuhan sisik ikan cupang.

2. Meredakan stres ikan cupang

Penyebab ikan cupang sakit dan mati salah satunya adalah karena stres.

Stres ini bisa diakibatkan oleh kondisi air yang membuatnya merasa kurang nyaman. Air rendaman daun ini bisa menurunkan pH sehingga meredakan stress ikan cupang.

3. Memperindah sirip dan ekor ikan cupang

Beberapa peternak dan penggemar ikan cupang kerap menggunakan rendaman daun ini untuk memperindah sirip dan ekor peliharaannya. Sirip dan ekor cupang memang menjadi daya tarik tersendiri dan tak jarang menjadi patokan keindahan yang menambah harga jualnya. 

4. Mempersiapkan habitat ikan cupang

Beberapa peternak dan penggemar ikan cupang berada di daerah dengan kondisi air kurang ideal. Hal ini membuat mereka menggunakan daun ini sebagai cara untuk mempersiapkan habitat ikan cupang agar bisa hidup dan tumbuh dengan sehat.

Hal ini digunakan termasuk ketika akan melakukan perkawinan cupang. Diketahui cupang yang kawin dan bertelur nantinya akan sangat sensitif dengan kondisi air sehingga menggunakan daun ini bisa memperbesar potensi keberhasilan.

Artikel terkait: 11 Jenis Ikan Cupang Hias Ini Cocok untuk Pemula, Bikin Jatuh Cinta!!

Cara Penggunaan untuk Pemeliharaan Ikan Cupang

Caranya cukup mudah, dengan memilih daun yang gugur dan membersihkannya. Kemudian setelah dibersihkan cukup diletakkan ke dalam air hingga air berubah warna menjadi kecoklatan. Namun, daun yang dipilih bukan daun segar yang dikeringkan, tetapi daun yang gugur dengan sendirinya.

Dengan menambahkan daun ketapang di air tempat memelihara ikan cupang, maka warna sirip dan ekornya bisa lebih cerah dan lebih indah. Hal ini karena ikan terjaga kesehatannya sehingga bisa tumbuh dengan optimal.

Itulah ulasan seputar daun ketapang dan manfaatnya. Anda bisa mengenalkan pengetahuan dan manfaat daun ini pada anak, terutama bagi si kecil yang menyukai biologi dan memelihara ikan cupang.

Semoga bermanfaa!

****

Baca juga:

Ini Cara Merawat Ikan Cupang agar Sehat dan Tumbuh Besar

10 Jenis Ikan Hias yang Bisa Dipelihara oleh Anak di Rumah

5 Tips Memelihara Ikan Hias yang Perlu Diketahui Pemula

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *