Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas dan Depan

  • Share


Seiring waktu, mesin cuci bisa menjadi kotor sehingga perlu untuk dibersihkan secara teratur. Mengetahui cara membersihkan mesin cuci sangat penting untuk mencegah bau, jamur, dan kotoran.

banner 336x280

Membersihkan mesin cuci pun bisa dilakukan sendiri tanpa harus menyewa jasa pembersihan. Parents juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Meski fungsinya membersihkan pakaian, sayangnya mesin cuci tidak dapat membersihkan diri sendiri. Mesin cuci idealnya dibersihkan setiap enam bulan sekali.

Dua bahan utama yang bisa digunakan untuk membersihkannya adalah cuka dan soda kue atau baking soda. Yang perlu diketahui adalah setiap jenis mesin cuci memiliki cara membersihkan yang berbeda-beda.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Sumber: Pexels

1. Sebelum Menerapkan Cara Membersihkan Mesin Cuci, Siapkan Dulu Peralatan yang Dibutuhkan

Ada beberapa peralatan yang perlu Parents persiapkan, yaitu:

  • Cuka
  • Soda kue atau baking soda
  • Botol semprotan
  • Kain microfiber
  • Sikat gigi

Artikel terkait: 11 Manfaat Cuka untuk Kebersihan, Tak Hanya Singkirkan Noda Peralatan Rumah Tangga

2. Cara Membersihkan Tabung Mesin Cuci, Semprot dengan Cuka

Masukkan cuka ke dalam botol semprot yang sudah disiapkan, lalu semprotkan bagian dalam tabung mesin cuci. Lap sekelilingnya dengan kain microfiber. Pastikan tidak ada bagian tabung yang tertinggal.

Cuka adalah salah satu produk pembersih alami terbaik. Cuka dapat menghilangkan residu, penumpukan sisa sabun, noda air keras, bahkan minyak dengan sangat mudah.

3. Lap di Sekitar Karet Pintu Penutup Mesin Cuci

cara membersihkan mesin cuci

Sumber: Pexels

Selanjutnya yang membutuhkan perhatian serius adalah karet segel pada pintu penutup mesin cuci. Saat membersihkannya, Parents mungkin akan menemukan sampah, jamur, bahkan rambut. Bersihkan semuanya, jangan sampai ada kotoran yang tersisa.

4. Tuangkan Cuka ke Dalam Dispenser Deterjen dan Jalankan Mesin Cuci dengan Air Panas

Siapkan dua cangkir cuka dan tuangkan langsung ke dispenser mesin cuci. Putar mesin cuci dengan pengaturan waktu terlama menggunakan air panas.

Artikel terkait: 7 Rekomendasi Merk Deterjen Bayi yang Aman untuk Si Kecil, Bunda Perlu Baca Nih!

5. Cara Membersihkan Tabung Mesin Cuci Selanjutnya dengan Memasukkan Baking Soda

Taburkan setengah cangkir soda kue langsung ke dalam tabung mesin cuci dan jalankan mesin cuci pada pengaturan yang sama, yaitu waktu terlama dengan air panas. Diamkan sampai siklus pencucian selesai.

6. Bersihkan Pintu dan Bagian Depan Mesin Cuci

Semprotkan cuka ke kain microfiber dan bersihkan bagian luar serta dalam pintu sampai mengilap. Lakukan ke seluruh bagian depan mesin cuci, termasuk pada kenop dan tombol pengaturan mesin cuci.

7. Biarkan Pintu Terbuka hingga Mesin Cuci Kering

cara membersihkan mesin cuci

Setelah membersihkan mesin cuci secara menyeluruh, biarkan pintu mesin cuci terbuka sampai mesin cuci kering. Tujuannya untuk menghindari jamur dan lumut. Bisa juga dengan mengelapnya menggunakan kain microfiber kering.   

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan dan Atas, Jangan Sampai Salah!

Sumber: Pinterest

Beda bentuk dan cara pengoperasian mesin cucinya, maka beda pula cara membersihkannya. Setelah di atas kita membahas membersihkan mesin cuci bukaan depan, sekarang giliran Parents yang memiliki mesin cuci bukaan atas untuk menyimak. Jangan sampai salah, ya.

1. Tambahkan Cuka ke Mesin Cuci dan Mulai Siklus Putaran Mesin

Atur mesin cuci dengan pengaturan tertinggi dengan waktu terlama dan air terpanas. Tambahkan 4 cangkir cuka dan putar mesin cuci. Setelah terisi penuh dan waktu putar mesin cuci hampir selesai, hentikan mesin cuci lalu biarkan air dan cuka selama satu jam.

2. Lap Bagian Pintu dan Seluruh Permukaan Mesin Cuci

Sambil menunggu bagian dalam mesin cuci dibersihkan, Parents bisa mengelap bagian pintu dan seluruh permukaan mesin cuci. Semprotkan cuka ke kain microfiber dan usapkan di seluruh bagian mesin cuci. Jangan sampai ada bagian yang terlewat, ya.

Artikel terkait: Contek cara mencuci baju ala laundry profesional di rumah, pakaian bersih dan wangi!

3. Fokus pada Dispenser Deterjen dan Pelembut Pakaian

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan dan Atas, Jangan Sampai Salah!

Sumber: Pexels

Dispenser deterjen dan pelembut kain mesin cuci membutuhkan perhatian ekstra. Sikat gigi akan berguna untuk menggosok bagian tersebut dan membuatnya bersih.

4. Putar Kembali Mesin Cuci dengan Soda Kue

Setelah siklus putaran pertama mesin cuci selesai, tuangkan secangkir soda kue dan nyalakan kembali mesin cuci untuk satu siklus pemutaran yang lebih kuat.

5. Biarkan Tutupnya Terbuka dan Biarkan Kering

Sama seperti mesin cuci bukaan depan, Parents juga perlu mengeringkan mesin cuci bukaan atas setelah dibersihkan. Cara termudah adalah dengan membiarkan tutup mesin cuci tetap terbuka atau bisa menyekanya dengan kain microfiber kering.

Itulah cara membersihkan mesin cuci yang tepat. Selain membuat mesin cuci selalu bersih, rutin membersihkannya dapat membuat mesin cuci lebih awet. Jadi pastikan Parents membersihkannya dengan rutin setiap enam bulan sekali, ya.

Baca juga:

7 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Bukaan Atas dan Depan, Mencuci Baju Lebih Praktis

5 Tips mencuci baju bayi yang wajib diketahui orangtua baru

Jangan asal-asalan, ini cara yang benar mencuci masker kain!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *