6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

  • Share


Daun kemangi sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Daun yang memiliki rasa yang khas ini, biasanya dijadikan lalapan, hiasan untuk berbagai hidangan, bahkan juga dijadikan menu makanan utama. Tidak hanya memilki rasa yang unik, daun kemangi juga memilki manfaat bagi kesehatan lho. Berikut ulasan mengenai manfaat daun kemangibagi kesehatan tubuh.

banner 336x280

Dilansir dari Alodokter, daun kemangi mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam daun kemangi segar terkandung air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat.

Tidak hanya itu, daun kemangi juga mengandung nutrisi penting lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Berikut manfaat daun kemangibagi kesehatan dilansir dari Medical News Today.

Berbagai Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

1. Bantu Cegah Kanker

Sebuah ulasan, yang diterbitkan pada tahun 2013, menyelidiki potensi kemangi segar untuk mencegah kanker. Mereka menyimpulkan bahwa, kandungan phytochemical dalam kemangi, termasuk eugenol, asam rosmarinic, apigenin, myretenal, luteolin, β-sitosterol, dan asam carnosic, dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

Zat zat diatas dianggap mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian atau  memperlambat pembelahan sel kanker.

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, namun tetap ada harapan bahwa ekstrak kemangi dapat digunakan untuk perawatan kanker.

2. Manfaat Daun Kemangi, Mengurangi Efek Stres Oksidatif

6 Manfaat Daun Kemangi, Bantu Cegah Penuaan Dini hingga Radang Sendi

Adaptogen adalah obat herbal yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres. Adaptogen paling terkenal yaitu tanaman ginseng. Nyatanya tidak hanya ginseng yang bisa membantu melawan stres, tetapi daun kemangi juga memilki efek yang sama.

Dalam satu penelitian, seekor kelinci terkena stres oksidatif (peningkatan radikal bebas dalam tubuh). Kelinci diberi 2 gram daun kemangi segar setiap hari selama 30 hari, dan sistem kardiovaskular dan pernapasannya dipantau dengan teliti.

Para peneliti mengukur penurunan kadar gula darah dan peningkatan aktivitas antioksidan setelah kelinci tersebut mengonsumsi kemangi secara rutin. Kesimpulannya, kemangi membantu kelinci menangani stres oksidatif dengan lebih baik.

3. Mencegah Penuaan Dini

manfaat daun kemangi

Menurut penelitian yang dipresentasikan pada British Pharmaceutical Conference (BPC) di Manchester, kemangi juga memiliki khasiat yang dapat membantu mencegah beberapa efek berbahaya penuaan.

Ekstrak kemangi segar efektif dalam membunuh molekul berbahaya, dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh beberapa radikal bebas di hati, otak, dan jantung.

Tak hanya itu, antioksidan dalam kemangi juga dapat menghambat penuaan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit.

Artikel terkait: 5 kebiasaan sederhana ini ternyata memicu penuaan dini, Bunda perlu tahu!

4. Bantu Melawan Bakteri

6 Manfaat Daun Kemangi, Bantu Cegah Penuaan Dini hingga Radang Sendi

Penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa kemangi memiliki sifat antibakteri. Hal ini mungkin karena kandungan minyak atsiri dalam kemangi, yang meliputi estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene, dan limonene.

Kemangi membatasi pertumbuhan banyak bakteri, termasuk Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, Escherichia coli O157: H7, Yersinia enterocolitica, dan Pseudomonas aeruginosa.

5. Manfaat Daun Kemangi, Bantu Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan

manfaat daun kemangi

Ekstrak kemangi dapat membantu mengurangi peradangan. Satu studi, dipresentasikan pada acara tahunan Royal Pharmaceutical Society, menemukan bahwa, ekstrak O. tenuiflorum (kemangi) terbukti mengurangi pembengkakan hingga 73 persen, 24 jam setelah perawatan.

Efek ekstrak kemangi dalam mengurangi pembengkakan ini, setara dengan obat diklofenak, obat anti-inflamasi yang banyak digunakan dalam pengobatan radang sendi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone Reports & Recommendations sepakat bahwa kemangi juga mungkin bermanfaat dalam pengobatan penyakit akibat peradangan.

6. Bisa Bantu Memelihara dan Menjaga Kesehatan Mental

6 Manfaat Daun Kemangi, Bantu Cegah Penuaan Dini hingga Radang Sendi

Menurut Studi Open Access Macedonian Journal of Medical Science, daun kemangi ternyata bisa bantu menghilangkan stres dan cemas yang menyebabkan depresi. 

Tak hanya itu, mengacu pada studi tersebut, daun kemangi juga dipercaya dapat bantu mencegah kondisi pikun dan membantu mengatasi masalah tidur.

***

Ternyata, tidak hanya nikmat sebagai lalapan dan menambah harum sebuah masakan. Daun kemangi juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, yuk masak daun kemangi hari ini!

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga:

id.theasianparent.com/makanan-khas-kalimantan

id.theasianparent.com/plant-based-food

id.theasianparent.com/obat-tipes-tradisional/?utm_source=rss-feed&utm_medium=rss&utm_campaign=feed

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *