7 Manfaat Menonton Film Horor, Salah Satunya Redakan Stres

  • Share


Parents, apakah Anda termasuk penikmat film horor? Bagi sebagian orang, menonton film horor bisa mendatangkan kesenangan tersendiri. Rasa tegang, takut, waspada, sekaligus penasaran bercampur menjadi satu. Menariknya lagi, ternyata ada sejumlah manfaat menonton film horor bagi kesehatan fisik dan mental yang terbukti secara ilmiah, loh.

banner 336x280

Dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter Fear in the Dark (1991), sutradara terkenal Wes Craven menyatakan bahwa “Film horor tidak menciptakan ketakutan, tetapi justru melepaskannya.”

Nah, inti dari pesan Craven tersebut adalah keterlibatan kita dengan hal-hal yang membuat kita takut justru dapat menjadi bentuk katarsisnya sendiri.

Lantas, apa saja, sih, manfaat menonton film horor? Yuk, kita kulik lebih jauh lewat ulasan berikut ini.

Berbagai Manfaat Menonton Film Horor 

1. Membantu Seseorang Menghadapi Ketakutan

Saat menonton film horor, seseorang akan merasa ketakutan, tetapi di sisi lain ia masih merasa ‘aman’ lantaran kejadian mengerikan yang memantik rasa takut tersebut tidak terjadi di dunia nyata, melainkan hanyalah adegan film. Kondisi tersebut dinamakan ketakutan yang terkendali.

“Pengalaman rasa takut yang terkendali seperti menonton film horor mungkin memiliki efek positif dalam hal penyesuaian strategi koping,” kata Mathias Clasen, direktur Recreational Fear Lab dan profesor di bidang sastra dan media di Aarhus University di Denmark, mengutip laman National Geographic.

Sebuah studi tahun 2018 bahkan menemukan bahwa penggemar horor mungkin menikmati ketakutan. Hal tersebut bisa terjadi karena film horor membantu mereka mendapatkan rasa penguasaan atau kendali atas ketakutan mereka dalam situasi yang nyaman.

Lebih lanjut, penelitian baru-baru ini terhadap lebih dari 300 orang menunjukkan bahwa para penggemar horor secara psikologis lebih baik jika dibandingkan mereka yang bukan penikmat film horor selama masa-masa pandemi COVID-19 yang menguras emosi.

2. Membakar Kalori

Meski Menyeramkan, Ternyata Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor yang Tak Boleh Dilewatkan

Ya, Anda tidak salah membacanya, Parents! Salah satu manfaat yang akan didapat dari menonton film horor adalah aktivitas ini mampu membakar kalori hingga hampir 200 kkal.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh University of Westminster meminta sepuluh orang untuk menonton film horor yang berbeda. Para partisipan kemudian dipantau detak jantung, asupan oksigen, dan keluaran karbon dioksida mereka. 

Hasilnya, peserta terberat membakar 184 kalori. Ini adalah jumlah kalori yang sama yang dapat dibakar selama sesi angkat besi atau saat berjalan kaki. Tentunya, besaran energi yang dibakar pada masing-masing orang akan berbeda. Ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga usia.

3. Membantu Meredakan Stres 

manfaat menonton film horor

Menonton film horor dapat membantu meningkatkan suasana hati. Hal ini disebabkan oleh adrenalin yang mengalir deras ke dalam tubuh ketika Anda sedang tenggelam dalam sesuatu yang menakutkan, atau sesuatu yang membuat Anda melompat.

Setelah menonton film yang menakutkan, kita menyadari bahwa ancaman tidak lagi ada atau tidak nyata. Sistem saraf parasimpatis yang terkait kemudian mengambil alih dan membantu kita untuk merasa tenang. Itulah sebabnya, kita sering memiliki rasa puas dan lega setelah menonton film horor.

“Kemampuan otak untuk menenangkan diri bisa menyenangkan secara neurokimia,” demikian menurut Zlatin Ivanov, seorang psikiater bersertifikat.

“Karena pelepasan dopamin yang terkait dengan respons otak menyebabkan peningkatan rasa sejahtera,” sambungnya.

Artikel terkait: 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik, Cocok untuk Movie Time Parents!

4. Membantu Membuat Keputusan di Kehidupan Nyata

Meski Menyeramkan, Ternyata Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor yang Tak Boleh Dilewatkan

Sebagai penonton, mungkin Parents pernah berteriak karena beberapa keputusan bodoh yang dibuat karakter dalam film. Secara tidak langsung, film tersebut dapat bertindak sebagai kisah peringatan untuk dipelajari.

Misalnya, karena menyaksikan adegan tertentu dalam film horor, Parents menjadi lebih berhati-hati untuk tidak sembarangan memberi tumpangan, tidak berjalan pulang sendirian larut malam, atau tidak terlalu percaya pada orang asing.

Sebuah studi tahun 2020 menyimpulkan bahwa film horor adalah stimulus pemicu rasa takut yang optimal. Studi tersebut mengungkapkan bahwa bagian dari otak manusia memproses film horor seolah-olah ancaman itu nyata, yang mempersiapkan tubuh untuk bereaksi dengan cara yang sama dalam situasi kehidupan nyata.

Artikel terkait: 17 Film Horor Terbaik Korea, Tontonan Mencekam yang Menguji Nyali Anda

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Salah Satu Manfaat Menonton Film Horor

Meski Menyeramkan, Ternyata Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor yang Tak Boleh Dilewatkan
Ketika menonton film horor, kita mengalami aliran adrenalin dalam tubuh kita yang pada gilirannya memobilisasi imunitas tubuh.

Melansir Times of India, studi lain yang diterbitkan dalam Journal Stress mengungkapkan bahwa menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka pendek. Ini karena saat menonton film horor terjadi peningkatan sirkulasi darah dan sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi.

6. Menonton Film Horor dapat Membantu Mengeratkan Hubungan

manfaat menonton film horor

Film horor adalah pilihan genre yang bagus untuk ditonton bersama pasangan, teman, atau keluarga. Jenis film yang satu ini bisa memberikan pengalaman seru sekaligus mampu mengeratkan ikatan Anda dengan orang terdekat yang Anda ajak nonton bersama. Para penonton film horor akan mengalami emosi yang sama pada waktu yang bersamaan.

Adapun saat merasa takut, tubuh melepaskan oksitosin, yang mendorong seseorang untuk menjadi lebih dekat dengan orang lain. Naluri bertahan hidup kita seolah memberitahu bahwa kita harus berpasangan dengan orang lain untuk meningkatkan peluang. Nah, maka tak ada salahnya pertimbangkan untuk menyetel film horor saat sesi nonton bareng!

7. Manfaat Menonton Film Horor: Mengajarkan untuk Melindungi Diri Sendiri

Meski Menyeramkan, Ternyata Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor yang Tak Boleh Dilewatkan

Kemampuan melindungi diri sendiri adalah basic life skill atau kemampuan dasar yang seharusnya dimiliki setiap individu dewasa. Ingatlah bagaimana nenek moyang kita di masa lampau harus berburu dan berjuang dari segala macam ancaman demi bisa bertahan hidup.

Ada sebuah argumen menarik bahwa film horor dapat memberikan pelajaran hidup tentang melindungi diri sendiri, sebab ragam bentuk kejahatan memang ada di dunia nyata. Gambaran ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk berjuang keluar dari situasi berbahaya atau stres.

Artikel terkait: 13 Rekomendasi Film Horor di Netflix, Awas Bulu Kuduk Bergidik!

Bagaimana dengan Efek Negatif Menonton Film Horor?

Meski Menyeramkan, Ternyata Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor yang Tak Boleh Dilewatkan

Meski menonton film bergenre horor memberikan sejumlah manfaat, namun satu hal yang kontroversial adalah tentang penggambaran sejumlah film tentang penyakit mental. Psikolog AS Dr Danny Wedding melihat beberapa masalah dengan film horor, misalnya seperti film Psycho yang mengacaukan hubungan antara skizofrenia dan gangguan identitas disosiatif.

Ada pula Michael Myers dari Halloween yang menggambarkan seorang pasien dengan penyakit mental yang melarikan diri dari rumah sakit untuk melakukan pembunuhan. Sementara film A Nightmare on Elm Street memperkuat kesalahpahaman bahwa orang yang kabur dari rumah sakit itu gila, jahat, dan berbahaya.

manfaat menonton film horor

Contoh lain, film blockbuster Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix dengan cerdik menggambarkan pengaruh masyarakat dan lingkungan terhadap kesehatan mental seseorang. Meskipun secara menyedihkan menggambarkan stereotip seputar orang dengan kesehatan mental, kita harus ingat bahwa tidak semua orang yang didiagnosis dengan penyakit mental akan menjadi pembunuh massal.

Jadi, apakah tayangan film horor cocok untuk Parents? Jika Anda adalah tipe orang yang sulit tidur, menonton film horor saat malam hari tidak disarankan. Ketakutan menciptakan gairah fisiologis, yang membuat pikiran Anda tetap terjaga dan waspada. Ini tentunya bukan kondisi ideal jika Anda mencoba untuk tertidur.

****

Nah, menurut pengalaman Parents sendiri bagaimana, nih, apakah daftar manfaat menonton film horor di atas juga Anda rasakan? Atau sebaliknya, Anda malah dibayang-bayangi mimpi buruk hingga sulit tertidur?

Baca juga:

id.theasianparent.com/hanung-dan-zaskia

id.theasianparent.com/nonton-film-horor

id.theasianparent.com/efek-nonton-film-horor

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *