Kisah Guru Honorer Alih Profesi Jadi Make Up Artist

  • Share


Jika kita mendengar kisah guru honorer, sering kali hati menjadi trenyuh. Hal ini karena gaji yang didapatkan guru honorer kadang terdengar tak masuk akal. Bagaimana mungkin seorang yang berprofesi mendidik anak bangsa, mendapat gaji hanya ratusan ribu dalam sebulan?

banner 336x280

Oleh karenanya, tak jarang banyak orang yang bersimpati pada guru honorer. Meskipun hal itu mungkin tak banyak membantu bagi kesejahteraaan pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Lantaran penghasilan yang jauh dari layak, terkadang guru honorer harus memutar otak untuk mendapatkan pemasukan lain. Misalnya dengan melakukan pekerjaan sampingan atau bahkan alih profesi.

Hal ini tentu bertujuan agar mereka dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, sekaligus mengupayakan kesejahteraan bagi diri dan keluarga.

Artikel terkait: Kisah guru honorer di Banten yang tinggal di WC sekolah karena rumahnya rubuh

Kisah Guru Honorer Alih Profesi Jadi Make Up Artist

Seperti kisah guru honorer satu ini. Belakangan, sebuah video viral di media sosial, berisi tentang cerita guru honorer perempuan yang menjadi make up artist.

Foto ilustrasi Pixabay

Profesi sebagai make up artist ia jalani setelah mengajar di sekolah, sampai akhirnya ia meninggalkan profesi sebagai guru honorer, dan fokus pada pekerjaan merias wajah. Tak disangka, pekerjaan sebagai make up artist justru membukakan jalan rezeki yang berlimpah baginya.

Lewat akun TikTok @alkenwedding, video yang dibagikan pada 19 Oktober 2021 itu diceritakan bahwa guru honorer tersebut mendapatkan penghasilan Rp250 ribu setiap bulan. Ia akhirnya memutuskan berhenti menjadi guru honorer dan memilih menjadi perias pengantin.

Dulu saya seorang guru honorer dengan gaji Rp250rb perbulan. Saya juga daftar kerja di kantor-kantor, tapi tidak pernah ketrima,” tulis keterangan dalam unggahan itu yang tampaknya dibuat sendiri oleh sang guru honorer. Ia memutuskan untuk berhenti sebagai guru karena merasa butuh penghasilan tambahan.

Kemudian saya berusaha ngonten di YouTube dan alhamdulillah dapat gaji hampir 10 juta. Dari YouTube saya iseng bikin self makeup. Ada yang minta di-makeup-in waktu nikah dan dibayar seikhlasnya, waktu itu diamplopin 300 ribu,” tulis pemilik akun tersebut.

kisah guru honorer

Sempat Diremehkan Orang Sekitar

Ketika mulai sibuk membuat konten dan menjalani kegiatan baru sebagai make up artist, perempuan tersebut mengundurkan diri sebagai guru honorer. Ia banting setir memulai usaha menjadi perias pengantin.

Perjalanannya alih profesi tak serta merta langsung mulus. Ia pernah diremehkan oleh orang-orang di lingkungan sekitar, yang menilai profesi guru lebih bergengsi daripada perias. Namun hal itu tak menggoyahkan keyakinan mantan guru honorer tersebut untuk terus menjalankan bisnisnya.

Artikel terkait: Rekrutmen CPNS Guru Honorer Tetap Ada, Ini Prosedur yang Perlu Parents Perhatikan

Saya resign dari guru dan merintis bisnis ini. Kata mereka ‘sudah jadi guru, kok, malah jadi perias‘,” tulisnya dalam video.

Prinsip saya. Kerja itu yang dicari uang dan kenyamanan. Enggak munafik, saya lebih bahagia karena penghasilan jadi mua jauh lebih besar dari yang dulu,” tambahnya.

kisah guru honorer

Berbekal keyakinan dan usaha yang konsisten, bisnis sebagai perias rupanya telah berbuah manis. Pendapatan yang diperoleh sang mantan guru honorer kini telah mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Dengan omzet perbulan bisa sampai ratusan juta. Siapa yang enggak happy,” tutupnya.

Kisah guru honorer dalam video ini langsung menjadi perhatian warganet. Beragam komentar diutarakan. Mulai dari yang bersimpati hingga menyatakan kisahnya yang sama, yaitu beralih profesi karena penghasilan guru honorer sangat minim.

Hanpir sama ceritanya kayak saya, cuma saya beralih jadi SPG. Tapi Alhamdulillah hasilnya lebih baik, bukan berarti honorer tidak baik hanya saja kita perlu uang,” komentar seorang warganet.

Artikel terkait: Tinggalkan Dunia Hiburan, 7 Artis Ini Alih Profesi Jadi PNS

Saya juga guru honorer kak, memang iya soal gaji, tapi alhamdulillah…kerja dan bisnis untuk menyeimbangi,” komentar warganet lainnya.

Nah, Parents demikian kisah guru honorer yang beralih profesi sebagai make up artist. Tampaknya profesi ini memang terbilang menjanjikan, ya. Kita doakan saja pilihan yang ia ambil memang baik untuk kehidupannya. 

Baca juga: 

“Aku Tidak Merasa Bahagia Setelah Menikah,” Kisah Seorang Bunda

7 Artis yang Pernah Hidup Susah, Iko Uwais Sempat Jadi Sopir Truk!

Sering Mencuri, Anak 9 Tahun Dikurung dan Dipasung

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *