Seberapa Besar Gaji Pengacara Tahun 2021 dan Rinciannya?

  • Share


Gaji pengacara yang bisa mencapai miliaran rupiah menjadi salah satu alasan mengapa profesi satu ini banyak diminati. 

banner 336x280

Tak hanya berkontribusi dalam dunia hukum, mereka yang menjalani profesi sebagai pengacara bisa meraih penghasilan hingga miliaran rupiah untuk sebuah kasus. Namun, besaran gaji lawyer tergantung dari spesialisasinya masing-masing.

Yaitu pengacara hukum pidana, spesialisasi hukum rumah tangga, pengacara pertanahan hingga pengacara hukum bisnis. Selain itu, nominal bayaran gaji pengacara S1 dengan gaji pengacara S2 juga berbeda.

Seperti diketahui, ada banyak tokoh pengacara Tanah Air yang terkenal kaya, seperti  Hotman Paris Hutapea, Sunan Kalijaga, hingga mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi yang kerap memamerkan gaya hidup mewah mereka.

Saat diwawancarai oleh Najwa Shihab, Fredrich Yunadi mengaku bisa menghabiskan Rp3 miliar sampai Rp5 miliar setiap berlibur ke luar negeri. Begitu juga Hotman Paris yang bilang kalau dia bisa dapat ratusan ribu dolar saat menangani perkara hukum kalangan elite.

Tak hanya bergelimang harta saja, profesi pengacara bisa meraih popularitas dengan mudah. Terbukti, pengacara kawakan seperti Hotman Paris dan Farhat Abbas sempat terjun ke dunia hiburan dan seringkali jadi sorotan media.

Lantas, berapa sih gaji pengacara terbaru 2021? Mari simak seperti dilansir dari berbagai sumber.

Besaran Gaji Pengacara Terbaru 2021 di Indonesia

Kisaran Gaji Pengacara

Gaji Pengacara

Seperti dikutip dari laman Kompas, advokat muda memiliki gaji sekitar Rp7 juta sampai Rp15 juta. Kisaran tersebut tergantung pada kemampuan individu seperti, bahasa asing, penguasaan berbagai aspek di bidang hukum, serta izin praktik.

Sumber lain mengatakan kalau standar gaji advokat magang berkisar Rp2 juta sampai Rp3 juta. Sementara untuk pengacara profesional yang bekerja di firma hukum ternama, gaji yang diterima bisa lebih dari Rp20 juta per bulan tergantung jam terbang pengacara.

gaji pengacara

Selain gaji pokok, pengacara juga bisa mendapat bonus success fee dari kasus yang berhasil mereka tangani. Belum lagi, jika jam terbangnya sudah cukup banyak, pengacara bisa saja menetapkan tarif, baik itu per kasus atau per hari pada klien yang membutuhkan jasanya.

Gaji dan jenjang karier pengacara memang menggiurkan, tapi hal itu sepadan dengan tanggung jawab dan beban kerjanya yang besar.

Artikel terkait: Cek Daftar Gaji PNS dan PPPK 2021 Lengkap untuk Setiap Golongan

Mengenal Profesi Pengacara

Seberapa Besar Gaji Pengacara Tahun 2021 dan Rinciannya?

Apa tugas dasar seorang pengacara? Menurut UU No.18/2003 pasal 18, pengacara atau advokat hukum adalah mereka yang berprofesi memberikan jasa hukum, baik  di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan undang-undang.

Intinya, pengacara bertugas memberikan keadilan bagi masyarakat yang terjerat kasus hukum. Tentu bukan masyarakat kalangan atas saja yang dimaksud, masyarakat miskin juga berhak didampingi pengacara di persidangan tanpa dipungut biaya, seperti tercantum dalam kode etik dan Undang-Undang Advokat.

Namun, sebelum menjadi seorang pengacara, mereka yang menjalani profesi ini akan memulai karier magang selama dua tahun. Lalu, meningkat seiring dengan pengalaman.

Artikel terkait: Penasaran Gaji Dokter? Cek Besarannya dari Dokter Umum, Spesialis, Gigi, hingga Bedah

Gaji Pengacara Terbaru 2021

Gaji pengacara

Seperti dilansir dari laman Hukumonline.com, terdapat hasil survei perusahaan jasa konsultan rekrutmen Robert Walters.

Berdasarkan hasil survei tersebut, gaji pengacara terdiri dalam tiga golongan, yaitu firma hukum yang tidak terafiliasi asing, firma hukum yang terafiliasi asing, dan in house counsel.

  1. Posisi Partner : Rp1,8 miliar hingga Rp2,4 miliar
  2. Senior Associate: Rp1,3 miliar hingga Rp1,5 miliar
  3. Associate : Rp700 juta hingga Rp1,3 miliar
  4. Junior-Mid Associated : Rp300 juta hingga Rp600 juta

Gaji Advokat Firma Hukum Tidak Terafiliasi Asing Terbaru 2021

  1. Posisi Partner : Rp900 juta hingga Rp1,8 miliar
  2. Senior Associate : Rp500 juta hingga Rp1 miliar
  3. Associate : Rp400 juta hingga Rp650 juta

Gaji In House Counsel

  1. Posisi Head of Legal : Rp900 juta hingga Rp1,3 miliar
  2. Legal Counsel : Rp700 juta hingga Rp1,3 miliar
  3. Legal Director : Rp1,75 miliar hingga Rp2,4 miliar
  4. Corporate Secretary Manager: Rp600 juta hingga Rp1 miliar.

Artikel terkait: Berapa Sih Besar Gaji Pilot? Yuk Cek, dari Maskapai Garuda, Lion, sampai Batik Air

Demikianlah daftar gaji pengacara terbaru 2021. Jadi, Parents berminat ingin berprofesi sebagai pengacara?

Baca juga:

id.theasianparent.com/penghasilan-tambahan-ibu-rumah-tangga

id.theasianparent.com/pajak-penghasilan

id.theasianparent.com/pekerjaan-freelance

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.