7 Cara Merawat Kuku Anak agar Sehat dan Indah

[ad_1]

Memiliki kuku yang sehat sangat penting untuk semua orang, tak terkecuali untuk anak-anak. Apakah Parents masih bingung cara merawat kuku anak yang tepat supaya tetap sehat?

banner 336x280

Tak hanya dari segi estetika, merawat kuku dengan benar penting untuk mencegah infeksi, rasa sakit, dan masalah lainnya. Nah dalam artikel ini, TheAsianparent akan membahas beberapa cara terbaik untuk merawat kuku si kecil untuk memastikannya tetap sehat, kuat, dan indah.

Artikel Terkait: Waspada Jamur Kuku Pada Anak, Ini Cara Mengatasinya!

Cara Merawat Kuku Anak agar Sehat

Inilah beberapa tips yang bisa Parents kenalkan pada buah hati sejak dini.

1. Mencuci Tangan dengan Bersih

Merawat kuku anak dengan baik harus menjadi prioritas. Penting untuk sering mencuci tangan, terutama sebelum dan setelah beraktivitas agar kotoran tidak tertinggal di sela kuku.

2. Potong Kuku secara Teratur dan Merata

Di usia si kecil yang masih begitu aktif, tidak dianjurkan kuku mereka dibiarkan panjang. Sebab, kemungkinan menumpuk kotoran dan patogen berbahaya bisa tinggi, Parents.

Saat kukunya sudah terlihat panjang, pastikan untuk segera memotongnya secara merata. Pastikan memotong kuku si kecil setelah waktu mandi atau saat kukulunak, karena hal ini memudahkan pemotongan kuku secara merata dan aman. Gunakan juga gunting kuku khusus untuk anak.

3. Perhatikan Kebersihan dan Kesehatan Kutikula

Kutikula di kuku menjadi hal penting lain yang patut Parents perhatikan dengan seksama. Sebab, kutikula menjadi bagian penting dari kuku yang berfungsi sebagai lapisan pelindung ekstra.

Artikel Terkait: 10 Rekomendasi Lotion Anak Terbaik yang Melembabkan Kulit, Harga Mulai Rp20.000

4. Oleskan Losion aatau Pelembab yang Tepat

Pertimbangkan untuk menggunakan lotion khusus untuk membantu menjaga kuku tetap sehat dan terhidrasi. Pilihlah produk khusus anak yang memiliki label hypoallergenic dan aman dari berbagai kandungan berbahaya.

Jangan lupa juga untuk memberikan pijatan lembut pada kuku dan kulit. Sebab, ini akan membantu merangsang sirkulasi dan membantu kuku tetap kuat.

5. Jika Ingin Menghias Kuku

Bagi anak perempuan yang ingin mencoba menghias kuku, pastikan menggunakan bahan kutek yang aman, ya. Kini, sudah ada banyak cat kuku khusus anak dan yang berlabel aman. Setelahnya, bersihkan secara maksimal supaya tak ada residu yang tertinggal.

6. Hindari Menggigit atau Mencungkil

Salah satu langkah penting lainnya adalah menghindari menggigit kuku atau mencabutnya. Hal ini karena kebiasaan menggigit kuku tidak hanya merusak kuku tetapi juga dapat menyebabkan infeksi dan berbagai penyakit.

Jika anak memiliki kebiasaan menggigit kuku atau mencabutnya, Parents perlu mengomunikasikan dan mencari cara untuk membantunya menahan keinginan tersebut.

7. Jika Kuku Tumbuh Tidak Normal

Ada beberapa kasus kuku tumbuh ke dalam hingga mengakibatkan rasa nyeri. Kondisi ini dikenal dengan cantengan, bisa menyakitkan dan bisa menyebabkan infeksi. Jika kuku si kecil tumbuh ke dalam, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan tepat. 

Artikel Terkait: Ini bahaya membiarkan kuku bayi panjang, Parents sudah tahu?

Itulah berbagai cara merawat kuku anak dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

****

Baca Juga:

8 Merek Body Lotion Bayi Pilihan, Kulit jadi Wangi dan Lembut

Fungsi dan Manfaat Hand Cream Pelembap Tangan yang Perlu Diketahui

7 Hand Cream yang Bagus, Kulit Lembut dan Tidak Kering

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

[ad_2]

Source link

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *