HealthNews
Gaya Hidup Sehat

7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah | HealthNews.id


Dewasa ini dekorasi rumah dengan tanaman hias sedang digemari. Tak hanya membuat rumah menjadi cantik, tanaman hias pun dapat membantu membersihkan udara sehingga rumah menjadi lebih segar. Sayangnya jika diletakkan sembarangan tanaman hias akan membuat kesan sumpek. Agar tak terjadi, ikuti tips menata tanaman hias di dalam rumah berikut ini.

Apakah Parents juga menggemari tanaman hias indoor atau dalam ruangan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menatanya. Pelajari baik-baik mengenai jenis tanaman, warna, hingga ukuran tanaman hias agar Parents bisa menatanya dengan baik dan membuat rumah jadi lebih indah.

Artikel Terkait: 9 Cara Merawat Tanaman Hias untuk Pemula, Bikin Tanaman Tumbuh Subur

7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah

1. Gunakan Pot Plastik

tips menata tanaman hias di dalam rumah

Sumber: Pinterest

Jika meletakkan tanaman hias di dalam ruangan atau di dalam rumah, Parents mungkin akan mengatur ulang letak tanaman setiap beberapa bulan sekali. Pun harus rutin menjemur tanaman yang memang membutuhkan sinar matahari lebih di luar ruangan.

Untuk memudahkan, sebaiknya gunakan pot plastik, alih-alih pot tanah liat. Sebab, pot plastik tidak mudah pecah seperti pot tanah liat, sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan. Pot plastik juga memiliki banyak corak dan motif yang menarik sehingga dapat menambah semarak dekorasi rumah.

Selain itu, Parents dapat memanfaatkan barang bekas seperti kaleng atau botol bekas untuk pot tanaman hias. Ajak anak-anak untuk membuat pot kreasi mereka sendiri.

2. Sesuaikan dengan Warna Rumah

7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah agar Indah Dipandang Mata

Salah satu tips menata tanaman hias di dalam rumah adalah menyesuaikan tanaman dengan warna rumah, baik warna furnitur maupun warna cat dinding. Pilihlah warna senada yang tidak terlalu kontras agar tanaman hias di dalam ruangan tetap sedap dipandang mata.

Jika bingung, pilihlah pot dengan warna kalem seperti beige, putih, atau abu-abu yang mudah untuk masuk ke mana saja. Jangan lupa perhatikan warna daun, karena ada tanaman yang punya daun hijau tua pekat dan hijau muda pucat. Aturlah tanaman sedemikian rupa agar indah.

Artikel Terkait: Tak Hanya Percantik Ruangan, 9 Tanaman Hias Ini Bikin Udara Rumah Lebih Segar

3. Hindari Menggunakan Tanaman Besar di Ruangan Kecil

7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah agar Indah Dipandang Mata

Sumber: Pinterest

Apabila Parents ingin menghias sebuah ruangan dengan tanaman hias, perhatikan terlebih dahulu ukuran ruangan. Hindari menggunakan tanaman besar di ruangan yang kecil karena akan menimbulkan kesan sempit dan sumpek.

Untuk menghias ruangan kecil seperti kamar mandi, gunakan tanaman dan pot yang kecil seperti kaktus atau sukulen berukuran mungil. Jika Parents meletakkan tanaman besar di ruangan yang luas, padukan dengan beberapa pot tanaman hias yang berukuran kecil.

4. Letakkan di Sudut Ruangan

tips menata tanaman hias di dalam rumah

Untuk mempercantik ruangan, letakkan pot tanaman hias di sudut ruangan. Parents bisa memanfaatkan meja kopi atau nakas kecil sebagai alas tanaman hias. Menggunakan rak dinding atau ambalan juga bisa menjadi alternatif yang menarik.

Bukan berarti Parents tak bisa meletakkan tanaman hias di tengah ruangan, lho. Bisa saja kita menaruh satu tanaman berukuran sedang atau besar di tengah ruangan sebagai titik fokus. Namun, pastikan letak tanaman hias tak mengganggu aktivitas sehari-hari di rumah, ya.

5. Pilih Tanaman yang Memang Cocok Hidup di Indoor

tips menata tanaman hias di dalam rumah

Penting untuk memilih tanaman yang memang cocok diletakkan di dalam ruangan sebagai bagian dari dekorasi. Pelajari terlebih dahulu mengenai kebutuhan tanaman sebelum memutuskan membelinya.

Beberapa tanaman yang dapat dengan mudah hidup dan dirawat di dalam ruangan antara lain adalah Aloe Vera, Snake Plant, Aglonema, Kaktus, Spider Plant, dan bunga Lily. Pastikan tanaman hias di dalam rumah juga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup agar tetap segar.

Artikel Terkait: 6 Manfaat Merawat Tanaman Hias untuk Kesehatan Fisik dan Mental

6. Kelompokkan dalam Jumlah Ganjil

7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah agar Indah Dipandang Mata

Parents dapat mengatur tanaman dengan mengelompokkannya dalam jumlah ganjil. Gunakan pula prinsip piramida dalam mengatur letak pot. Tanaman yang berukuran besar dapat ditempatkan di bagian belakang, sementara yang ukurannya lebih kecil disimpan di bagian depan.

Atur pula tanaman berdasarkan tingginya. Misalnya, simpan tanaman yang tinggi di pojok kanan, lalu diikuti tanaman lain yang lebih rendah secara berurutan ke sebelah kiri.

7. Manfaatkan Pot Gantung

7 Tips Menata Tanaman Hias di Dalam Rumah agar Indah Dipandang Mata

Sumber: Pinterest

Selain pot biasa, Parents juga bisa memanfaatkan penggunaan pot gantung untuk menghias ruangan. Meletakkan tanaman yang digantung tak akan memakan banyak tempat dan jauh dari kesan sempit. Ada beberapa variasi pot gantung yang beredar di pasaran, misalnya pot ala macrame yang unik dan cocok untuk rumah bergaya bohemian.

Tanaman rambat seperti sirih gading bisa ditaruh di dalam pot gantung ini. Luangkan waktu secara berkala untuk memangkas tanaman gantung agar tak terlalu rimbun dan malah memenuhi ruangan.

Nah, itulah tips dan cara menata tanaman hias di dalam rumah. Jangan lupa untuk rutin membersihkan tanaman dan potnya setiap minggu agar kebersihan di dalam rumah juga tetap terjaga. Yuk, dekor rumah dengan tanaman hias!

Baca Juga:

Minim Tempat dan Perawatan, 10 Tanaman Hias Gantung Ini Bisa Percantik Hunian Anda

9 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Disimpan di Dapur, Indah dan Kaya Manfaat

7 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Cantik dan Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Sumber Berita

Tinggalkan Balasan