HealthNews
HealthNews
Review

Wamen Mencanangkan Desa Bersinar di Desa Husada Gorontalo

https://twitter.com/desacegah

Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mencanangkan Desa Bersinar —  Sabtu (12/09/2020).

Konsep Desa Bersinar yang idenya diadopsi atau duplikasi dari LSM RIDMA Foundation.

NGO RIDMA Foundation,  dengan Ketua umum S.S Budi Rahardjo menyorongkan ide ini ke Deputi Cegah, yang kala itu dijabat oleh Ali Johardi. Sebagai Kepala Program DCN, Budi menunjuk Sultan Najamudin.

Presentasi ke BNN (Desember 2016), mengenai Desa Cegah Narkoba kini  berjalan secara nasional.

“Saat itu BNN menyambut baik ide ini dan karena belum dianggarkan, kami usulkan untuk BNN menggandeng Kementerian Desa Tertinggal atau Kemendagri,” ujar Asri Hadi, jurnalis yang sudah sejak Bakolak Inpres menjadi aktivis anti narkoba.

NGO Desa Cegah Narkoba menjalankan program secara swadaya, untuk DCN di Garut  (15 April 2017) — klik ini —  untuk kemudian BNN, berhasil meyakinkan secara nasional.

Peluncuran Desa Bersinar dilaksanakan di Taman Wisata Embung, Desa Hutadaa, dihadapan ratusan penggerak anti narkoba desa, pejabat BNN, dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berikut jajarannya.

“Tidak mungkin desa maju tanpa kaum muda yang sehat dan bersemangat. Tidak mungkin kaum muda sehat jika terpapar narkoba,” kata Wamendes Budi Arie.

Wamendes menegaskan bahwa kini saatnya masyarakat desa bahu membahu membangun desa.

Pemerintahan desa harus memberdayakan masyarakatnya, terutama kaum muda agar terus berinovasi dan berkarya.

Budi Arie melihat Kabupaten Gorontalo mengalami kemajuan pesat di bawah Bupati Nelson Pamolango dan para kepala desa di 191 desa.

Wamendes juga menyinggung penggunaan Dana Desa harus digunakan sepenuhnya bagi kepentingan kemajuan masyarakat.

“Kreatifitas Desa Hutadaa yang telah membangun pasar dan embung wisata ini bukti inovasi desa yang bagus. Lahan yang luas ini dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Budi Arie menyatakan siap membantu desa-desa di Kabupaten Gorontalo agar lebih maju lagi.

Sebelumnya, Wamendes melihat Kawasan Wisata Hiu Laut Botu Barani, Kabupaten Bone Bolango.

Ditemani Bupati Gorontalo Nelson, Budi Arie melihat sarana olahraga di atas fasilitas pengolahan air di Desa Tenggela, meninjau pasar dan terakhir taman wisata embung di Desa Hutadaa.

“Saya akan melihat dan terus mendorong gerakan ekonomi rakyat di perdesaan. Pandemi Covid-19 jangan membuat kegiatan ekonomi mandek,” kata Budi Arie.

Jejak Digital Desa Cegah Narkoba: klik ini

 

 

Tinggalkan Balasan