Tips Agar Lebih Sehat di Tahun 2024 Tanpa Harus Ngoyo Berlebihan

[ad_1]

Sering kali berusaha untuk jadi lebih sehat terasa sangat berat dan membebani. Rasanya seperti memiliki to-do list yang tak ada habisnya dan ini sangat melelahkan! Kabar baiknya kali ini Anda tidak lagi membutuhkan itu semua untuk membuatnya nyata. Berikut ini 9 tips agar lebih sehat tanpa ngoyo yang semuanya dimulai dari hal-hal kecil. Yuk buktikan!

banner 336x280

Tips agar Lebih Sehat Tanpa Pergi ke Gym

1. Olahraga Ringan di Rumah

Resolusi Sehat di 2024, Ini Cara dan Tips Mewujudkannya!

Aktif berolahraga dan bergerak akan membuat tubuh jadi lebih sehat. Syukurlah Anda tidak perlu repot-repot pergi ke tempat gym agar sehat. Cukup menjadi lebih aktif menjalankan aktivitas sehari-hari. Misalnya, menyapu lantai, memilih tangga daripada lift, olahraga kaki di bawah meja kerja, dan memasak makanan sendiri.

Para peneliti menyebut ini sebagai NEAT alias non-exercise activity thermogenesis atau aktivitas non-olahraga yang spontan tapi bisa membakar kalori.

2. Alihkan Rasa Lapar dengan Superfood

tips agar lebih sehat

Alih-alih mengonsumsi obat penurun berat badan, ada cara lebih hemat dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menahan nafsu makan, yaitu dengan mengonsumsi superfood!

Superfood sendiri adalah makanan yang kaya nutrisi tapi rendah kalori. Contohnya oat, rye, gandum utuh, dan kacang-kacangan serta olahannya seperti tempe dan tahu. Makanan-makanan ini kaya serat dan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Lakukan Hal Kecil yang Menyenangkan

tips agar lebih sehat

Sehat tidak hanya berlaku untuk fisik saja, tapi juga kesehatan mental Anda. Untuk itu, lakukan hal-hal kecil yang menyenangkan bagi Anda. Misalnya, duduk di taman sambil menikmati bunga, ngobrol dengan orang asing, dan menelpon sahabat Anda. 

Meskipun kelihatannya sepele tapi para peneliti dari University of California sudah membuktikan jika “micro acts of happiness” ini mampu mengubah keadaan emosi jadi lebih baik.

4. Mengakali Dopamin dan Screen Time

tips agar lebih sehat

Para ahli saraf telah menemukan alasan kenapa banyak orang kecanduan main sosial media, belanja online, makan junk food, dan main gim. Ternyata itu semua karena lonjakan dopamin! 

Alih-alih memberi kepuasan, dopamin justru mendorong Anda untuk mendapatkan lebih dan lebih banyak lagi. Jadi, setelah mengetahui dampak dopamin ini, Anda tahu kan harus berbuat apa?

5. Tips agar Lebih Sehat dengan Belajar Cara Hidup Orang Jepang

Terlepas dari stigma negatifnya, orang Jepang terkenal memiliki kedisiplinan dan gaya hidup yang luar biasa. Beberapa di antaranya adalah lebih suka jalan kaki, menghargai makanan segar, dan kebiasaan bangun pagi.

Nah, kalau Anda bermimpi bisa lebih sehat tahun ini, coba terapkan gaya hidup ala orang Jepang yuk! 

6. Melawan Sepi dengan Kreativitas

tips agar lebih sehat

Kesepian banyak dikaitkan dengan berbagai jenis masalah kesehatan, mulai peningkatan risiko serangan jantung, demensia, hingga masalah mental.

Oleh karena itu para peneliti sepakat jika membuat karya seni atau berkreasi, apapun itu, bisa mengurangi kadar hormon kortisol (penyebab stres) dan meningkatkan hormon endorfin dan oksitosin yang menimbulkan rasa senang dan tenang.

7. Pilih Sesuatu Sesuai Kemampuan

Apapun itu, baik tempat tinggal, kendaraan, asuransi, bahkan terapis. Pilihlah hal-hal yang sesuai dengan kemampuan Anda. Mungkin Anda tidak selalu bisa mendapatkan yang terbaik.

Tapi dengan memilih sesuatu sesuai kemampuan dan anggaran akan membuat Anda lebih tenang. Lebih dari itu, Anda akan menyadari bahwa kini Anda adi lebih tekun, teliti, fleksibel, dan memiliki pengetahuan yang lebih luas.

8. Kurangi Konsumsi Ultra Processed Food

Resolusi Sehat di 2024, Ini Cara dan Tips Mewujudkannya!

Menurut guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, ultra processed food (UPF) adalah makanan yang telah melewati berbagai pemrosesan dan ditambah dengan zat aditif seperti pewarna, perisa, pengawet, gula, garam, lemak, dan sebagainya.

Dan seperti yang Anda sadari, kita sangat dekat dengan makanan-makanan kemasan seperti ini. Jadi, kalau Anda masih berencana mau hidup lebih sehat, cobalah untuk mengurangi dan ganti dengan makanan yang lebih sehat.

9. Atasi Nyeri Punggung dan Leher

Resolusi Sehat di 2024, Ini Cara dan Tips Mewujudkannya!

Tahukah Anda kalau ternyata nyeri punggung dan leher sebenarnya disebabkan oleh ketegangan akibat stres berlebih?

Itu karena ketika otak merasakan stres fisik atau emosional, tubuh akan melepaskan hormon yang memicu otot menjadi terlindungi dan tegang. Maka, sekalipun Anda sudah mengganti kursi kerja anda dengan yang ergonomis dan berusaha memperbaiki postur tubuh Anda, tapi kalau sumbernya tidak ditangani dengan baik, maka hasilnya tidak akan maksimal.

 

Baca juga: 

9 Tips Sehat Berpuasa agar Kekebalan Tubuh Tetap Terjaga, Bagaimana Caranya?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

[ad_2]

Source link

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *