Tips dan Beragam Model Kumis Pria

[ad_1]

Kumis pada seorang pria muncul saat memasuki usia pubertas. Semakin dewasa, kumis bisa tumbuh dengan panjang dan lebat. Itulah mengapa merawat dan mencukur kumissecara rutin diperlukan untuk menjaga penampilan. 

banner 336x280

Mencukur kumis tidak boleh sembarangan. Sebab, bila dilakukan serampangan bisa memperburuk penampilan. Bahkan bisa menimbulkan luka dan iritasi jika menggunakan pisau cukur yang tidak tepat. 

Seperti halnya rambut, kumis juga memiliki beragam jenis gaya. Setiap gaya tentu akan memberikan kesan yang berbeda pada penampilan. 

Artikel Terkait: Kumis pada wanita salah satu tanda gangguan kesuburan? Ini penjelasannya!

Tips Mencukur Kumis agar Rapi dan Tidak Lecet

Sumber: unsplash

Agar kumis rapi dan terawat, berikut sejumlah tips mencukur kumisyang bisa Parents lakukan!

  • Gunakan sisir untuk merapikan kumis.
  • Rapikan kumis menggunakan gunting sebelum memangkasnya. Hal tersebut bisa membantu mengurangi tarikan saat bercukur dan juga mencegah pisau tersumbat oleh rambut panjang. 
  • Jangan memotong terlalu pendek agar terlihat lebih rata dan lebih mudah dicukur.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat untuk menghidrasi rambut.
  • Gunakan krim atau gel cukur untuk mencegah iritasi, luka, dan lecet.
  • Gunakan pisau yang tajam dan sapukan alat pencukur dengan lembut.
  • Bilaslah pisau sesering mungkin untuk mencegah penumpukan rambut dan krim cukur di tepi mata pisau. Hal ini juga membantu pencukur bekerja dengan baik. 
  • Setelah selesai, bilas wajah dengan air dingin kemudian keringkan dengan handuk. 
  • Oleskan losion cukur untuk membuat kulit terasa lembut dan nyaman. 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencukur Kumis 

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mencukur kumis. Kesalahan tersebut terkesan sepele tetapi bisa mengakibatkan iritasi apabila diabaikan, yaitu:

  • Mengabaikan arah tumbuh rambut agar terhindar dari iritasi dan goresan. Bila menggunakan pisau tunggal bisa mencukur ke arah utama pertumbuhan rambut. Namun, bila menggunakan pisau cukur multi-pisau, bisa memulai dengan sudut yang lebih dekat. 
  • Menekan alat cukur dengan lebih kuat dapat menyebabkan goresan. Bila menggunakan pisau cukur manual, gunakan dengan sapuan halus untuk menghindari iritasi. 
  • Mencukur area kulit kering juga berisiko membuat kulit teriritasi. Gunakan busa, sabun, atau krim sebelum mencukur.  
  • Bila ada area yang belum tercukur secara sempurna biasanya secara otomatis akan mengulangi goresan. Jangan langsung mengulanginya tetapi basahi dulu dengan air atau krim. 

Artikel Terkait: Hamil 3 Bulan, Aida Saskia Ngidam Kumis Suami

Model Kumis Pria Seluruh Dunia untuk Ayah yang Ingin Mencukur

 Tidak ada aturan baku dalam mencukur kumis. Kebanyakan pria memangkas kumisnya hanya untuk memendekkan atau merapikannya. Namun, ternyata ada berbagai macam model kumis pria.

Situs Beardbrand.com mengidentifikasi beberapa model kumis pria. Berikut di antaranya. 

1. Gaya Kumis Alami

mencukur kumis

Sumber: unsplash

Gaya kumis alami merupakan gaya yang paling mudah dan paling umum dimiliki oleh pria. Kumis dibiarkan tumbuh secara alami dan hanya dirapikan sesekali mengikuti bentuk aslinya. 

2. Kumis Chevron

mencukur kumis

Sumber: unsplash

Model kumis ini termasuk klasik dengan wujud mengikuti bentuk bibir atas. Bentuknya alami seperti huruf V yang lebar dan terbalik. Rambut yang tumbuh lebar dan tebal di tengah. Model kumis tersebut populer pada tahun 70-an dan 80-an.

3. Kumis Walrus 

mencukur kumis

Bentuknya menyerupai kumis walrus, sejenis anjing laut. Model ini hampir memenuhi bibir atas bahkan menutupnya. Pada bagian samping memanjang dan bisa disisir ke bawah.

Tidak semua orang bisa menumbuhkan kumis ini. Sebab, pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh DNA. 

4. Kumis Pensil

mencukur kumis

Sumber: unsplash

Model kumis ini populer di tahun 1930-an atau 40-an dan banyak para publik figur di televisi. Salah satunya Brad Pitt yang membuatnya terlihat lebih badass dalam film Inglourious Bastards.

5. Kumis Sikat Gigi

Tips Mencukur Kumis dan Beragam Model Kumis Pria dari Normal sampai Unik

Sumber: unsplash

Pernah memperhatikan kumis Charlie Caplin? Kumisnya merupakan jenis kumis sikat gigi. Kumis ini memang sangat ikonik tetapi sangat unik saat dipakai oleh orang biasa apalagi dalam kehidupan sehari-hari. 

6. Kumis Stang

Tips Mencukur Kumis dan Beragam Model Kumis Pria dari Normal sampai Unik

Sumber: Unsplash

Bentuknya memanjang kemudian melengkung seperti stang. Rambut bagian tengah tebal, kemudian menipis seperti gagang. Ujung-ujungnya bisa dipilin dibentuk sesuka hati oleh pemiliknya. 

Artikel Terkait: Raisa cukur sendiri rambut Hamish, seperti apa hasilnya?

Nah, itulah berbagai tips mencukur kumisagar hasilnya rapi dan menawan. Ada juga berbagai model kumis mulai dari yang alami hingga yang unik. Berminat mencoba salah satunya?

Baca Juga: 

Mencukur rambut kemaluan sebelum melahirkan ternyata perlu, ini alasannya

8 Cara Mencukur Bulu Kemaluan Perempuan, Jangan Sampai Salah

Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

[ad_2]

Source link

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *