Rapat Finalisasi Instrumen dan Aplikasi Pengukuran Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) Terhadap BNN

Rapat Finalisasi Instrumen dan Aplikasi Pengukuran Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) Terhadap BNNDeputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat melalui Direktorat Pemberdayaan Alternatif hadiri undangan Rapat Finalisasi Instrumen dan Aplikasi Pengukuran Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) Terhadap BNN.

banner 336x280

Healthnews.id. Jakarta, 1 Februari 2023. Rapat finalisasi dibuka oleh Kapuslitdatin, dalam sambutannya beliau menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
• Pengukuran IKM ini merupakan atensi dari Kepala BNN sebagai kelanjutan atas pengukuran derajat kepercayaan masyarakat terhadap BNN yang sudah dilakukan pada Tahun 2020 dan 2021.
• Tahapan yang sudah dilakukan sampai saat ini adalah uji coba instrumen pengukuran IKM.
• Pengukuran IKM merupakan tanggung jawab seluruh bidang di BNN, untuk itu Puslitdatin mengharapkan masukan membangun dari kedeputian dan peneliti agar proses pengumpulan data dapat segera dilakukan.

Arahan dari Deputi Hukum dan Kerja Sama, sebagai berikut:
• Sebagai masukan sebaiknya dilakukan penganggaran khusus terhadap pengukuran IKM, karena merupakan kebutuhan rutin BNN untuk mengukur kepercayaan dan animo terhadap BNN.
• Pengukuran harus tetap mempertimbangkan metode, indikator dan proses pengolahan yang dilakukan pada tahun sebelumnya.
• Perkembangan pelaksanaan pengumpulan data harus terus dilaporkan kepada Kepala BNN, sekaligus untuk memantau perkembangan pengumpulan data di tiap wilayah.

Pemaparan dan tanggapan dari Peneliti FKM UI:
• Pengukuran ini dilakukan dengan penggabungan dua konsep yaitu _satisfaction_ dan _trust_.
• Populasi pengukuran indeks adalah populasi umum tidak memandang apakah sudah pernah menerima atau belum pernah menerima layanan. Ketika pengolahan data akan diarahkan analisisnya kepada yang pernah menerima dan belum pernah menerima layanan.
•Teori yang digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan adalah teori kepercayaan masyarakat oleh Borrie dan Liljeblad (2006) yang mengukur kepercayaan masyarakat berdasarkan 3 dimensi yaitu _Shared norms and values_, _Willingness to endorse_, dan _Perceived efficacy_.

Layanan/ kegiatan Kedeputian Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang menyentuh langsung ke masyarakat dikategorikan ke dalam kegiatan:
• Sosialisasi/ penyuluhan bahaya narkoba
• Tes urin dalam rangka deteksi dini
• Pengembangan kapasitas penggiat anti narkoba
• Bimbingan teknis _life skill_

Kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh Puslitdatin adalah rapat koordinasi virtual dengan para petugas BNNP yang ditunjuk sebagai penanggungjawab pengumpulan data di provinsi masing-masing.

Pun diharapkan saat pengumpulan data perwakilan kedeputian dapat turut aktif menyebarkan link kuesioner kepada mitra kerja atau masyarakat umum.

Rapat Finalisasi Instrumen dan Aplikasi Pengukuran Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) Terhadap BNN

Rapat Finalisasi Instrumen dan Aplikasi Pengukuran Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) Terhadap BNN

Rapat Finalisasi Instrumen dan Aplikasi Pengukuran Indeks Kepercayaan Masyarakat (IKM) Terhadap BNN#WaronDrugs
#hidup💯persen
#sadar_sehat_produktif_&_bahagia

Source link

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *